Vaksin Jadi 'Penyelamat' Nenek Usia 116 Tahun Sembuh dari COVID-19

ADVERTISEMENT

Vaksin Jadi 'Penyelamat' Nenek Usia 116 Tahun Sembuh dari COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Senin, 06 Sep 2021 08:40 WIB
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK).
Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Seorang wanita tua berusia 116 tahun di Turki berhasil sembuh dari COVID-19. Perempuan bernama Ayse Karatay ini menjadi salah satu penyintas COVID-19 tertua di dunia.

Dikutip dari laman Daily Sabah, Ayse Karatay sempat menjalani perawatan akibat COVID-19 selama 3 minggu sebelum dinyatakan sembuh.

"Ibu saya jatuh sakit di usia 116 tahun dan dirawat di unit perawatan intensif selama tiga minggu," terang Ibrahim, putra Karatay.

"Sekarang kesehatannya sangat baik, dan ia terus membaik," lanjutnya Ibrahim.

Karatay yang berasal dari Emirdag di Afyonkarahisar di Turki barat, dilarikan ke Rumah Sakit Kota Eskisehir setelah jatuh sakit dan terinfeksi positif COVID-19 pada bulan lalu. Karatay lahir di masa Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1905.

Menurut Ibrahim, ibunya sempat menerima vaksinasi dosis pertama vaksin Sinovac sebelum jatuh sakit. Disebutkan, ibunya kemungkinan tertular oleh salah seorang anggota keluarga.

"Mungkin jika dia mendapat dosis vaksin kedua, dia akan lebih mudah pulih. Yang divaksinasi sembuh tanpa dirawat di rumah sakit," katanya, berterima kasih kepada staf rumah sakit atas perawatan ibunya.

Selain Karatay, Suster Andre, seorang suster gereja di Prancis, juga menjadi orang tua yang berhasil sembuh dari COVID-19. Suster Andre yang memiliki nama asli Lucile Randon, berhasil sembuh dari COVID-19 pada Februari lalu, beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-117 tahun.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT