Senin, 06 Sep 2021 16:34 WIB

Makin Misterius, Ilmuwan Ungkap Fakta Baru Asal Usul Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Corona Viruses against Dark Background Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Asal usul Corona sampai saat ini masih belum menemukan titik terang. Berbagai pendapat bermunculan terkait sumber dari virus ini, mulai dari pasar hewan hingga kebocoran laboratorium di Wuhan, China.

Belum lama ini, seorang ilmuwan top sekaligus profesor di Universitas Columbia di Amerika Serikat mengungkapkan informasi baru terkait asal-usul Corona.

Ilmuwan bernama Profesor Ian Lipkin ini mengatakan bahwa ia telah mengetahui soal wabah virus Corona pada 15 Desember 2019 lalu. Itu sekitar dua minggu sebelum China mengkonfirmasi kasus pertamanya kepada WHO pada 31 Desember 2019.

"Saya telah melacak penyakit itu dengan teman-teman saya di Pusat Pengendalian Penyakit dan di pemerintah nasional sejak pertengahan Desember," kata Prof Lipkin yang dikutip dari The Sun, Senin (6/9/2021).

Prof Lipkin juga mengatakan bahwa ia diberitahu oleh rekan penelitinya asal China, Lu Jiahai, yang merupakan seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas Guangzhou. Rekannya mengungkapkan bahwa epidemi tersebut bisa dicegah dengan sistem peringatan dini yang lebih baik.

Klaim dari Prof Lipkin ini bertentangan dengan narasi pihak China yang mengatakan bahwa kasus virus tersebut baru dilaporkan pada 27 Desember 2019, yang terjadi di sebuah rumah sakit pada hari sebelumnya.

Namun, tampaknya infeksi virus tersebut saat itu sudah merajalela dan para ilmuwan China sudah menyadari bahayanya. Prof Lipkin mengatakan bahwa wabah penyakit menular akan terjadi terus menerus di seluruh dunia.

"(Komunitas intelijen) tetap terbagi atas asal-usul COVID-19 yang paling mungkin," pungkasnya.



Simak Video "Sebut Kesempatan Terakhir Cari Asal Corona, Kapan Tim WHO Gerak?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)