Selasa, 07 Sep 2021 06:24 WIB

e-Life

Bekal 'Tempur' Siswa Jalani Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

dtv - detikHealth
Jakarta -

Menjaga protokol kesehatan dengan ketat adalah hal yang wajib diperhatikan siswa saat menjalani sekolah pertemuan tatap muka (PTM) terbatas. Selain rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, siswa juga perlu membawa beberapa 'alat perang' di sekolah agar bisa meminimalisir kemungkinan penularan virus COVID-19.

Dokter Spesialis Anak, dr. Ariani Dewi Wibowo, Sp.A (K) menyebutkan empat hal yang perlu dibawa anak saat menjalani PTM terbatas, yakni: masker-masker cadangan, alat pembersih, kantong untuk membuang masker, serta peralatan makan dan minum.

1. Masker Cadangan

"Saran saya, anak-anak perlu dibekali dengan masker-masker cadangan, bukan satu ya tapi misalnya tiga masker cadangan yang diletakkan di tas. Supaya kalau terjadi sesuatu, maskernya basah, atau maskernya jatuh mereka bisa dengan mudah mengganti. Termasuk juga apabila ada temannya ada yang mengalami kesulitan pada masker mereka, mungkin anak masih punya cadangan untuk memberikannya atau sharing dengan temannya. Karena kalau kita menjaga temannya mereka juga menjaga diri mereka sendiri kan?"


2. Alat Pembersih

"Anak-anak juga perlu membawa hand sanitizer dan alat-alat pembersih lainnya seperti misalnya tissue basah, atau tissue sendiri supaya pada saat mereka membutuhkan mereka tidak perlu minta kepada orang lain."


3. Kantong untuk Membuang Masker

"Boleh juga membawakan kantong untuk membuang masker apabila tidak tersedia (di sekolah). Contohnya mereka sedang di jalanan dari sekolah ke rumah, supaya masker tidak dibuang sembarangan mereka bisa membuangnya di kantong tersebut."


4. Peralatan Makan dan Minum

"Jangan lupa juga peralatan makan dan minuman sendiri, jangan sampai anak kita kekurangan minum misalnya, kemudian mereka terpaksa harus sharing sama temannya. Dengan begitu kita juga memastikan anak-anak menggunakan alat higienis."

(gah/gah)