Selasa, 07 Sep 2021 14:00 WIB

Viral Seruan 'Batalkan Kartu Vaksin', Haruskah? Ini Saran Pakar

Vidya Pinandhita - detikHealth
Aplikasi PeduliLindungi di mal Foto: Putu Intan/detikcom
Jakarta -

Viral petisi "Batalkan Kartu Vaksin sebagai Syarat Administrasi". Di dalamnya, mencakup permintaan pada juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi untuk menarik aturan sudah divaksin sebagai syarat masuk mal.

"Jika aturan ini dibuat sebagai dasar untuk memasuki Area Mall mall bagaimana dengan orang yang tidak memenuhi syarat untuk divaksinasi, terutama bagi mereka para penderita komorbid yang seharusnya ada perhatian khusus terkait hal ini," tertulis dalam laman petisi.

"Seharusnya pemerintah memberikan solusi lain dan mengevaluasi terkait aturan administrative yg diberlakukan saat ini, Bukan malah menjadikan ini suatu keharusan syarat untuk orang pergi ke mall/perjalanan," sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, epidemiolog dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane menegaskan seandainya syarat vaksin untuk masuk mal tersebut dibatalkan, risiko peningkatan kasus COVID-19 tetap besar selama ada Unusual Epidemic Event (UEE) seperti varian Delta yang menular dengan amat cepat. Kondisi tersebut perlu diatasi dengan kemampuan mendeteksi (capacity to detect) oleh para epidemiolog.

Menurutnya, agar kebijakan syarat vaksin untuk masuk mal tepat diterapkan, ketimpangan dan disparitas antar dan inter wilayah terhadap cakupan vaksin juga harus ditekan. Diakui, penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat beraktivitas memang kurang tepat untuk wilayah tertentu dengan cakupan vaksinasi yang masih rendah.

"Maka tugas pemerintah adalah mempercepat pencapaian cakupan vaksinasi sampai 70 persen. Juga mencari solusi terhadap mereka yang tidak memenuhi syarat untuk divaksin," terangnya pada detikcom, Selasa (7/9/2021).

"Risiko transmisi selalu ada, di mana pun dan kapan pun, ada atau pun tidak ada aplikasi (PeduliLindungi). Maka tentu pencegahan standar adalah 3M yang ketat dan disiplin diikuti pengawasan yang baik," lanjut Dr Pane.

Belum kebagian vaksin COVID-19? Vaksin CT Corp menyediakan vaksin Pfizer di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, untuk jadwal penyuntikan 11 September hingga 1 Desember 2021. Info pendaftaran bisa disimak di detik.com/vaksinctcorp.



Simak Video "Seperti Apa Progres Vaksinasi Covid-19 di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)