Selasa, 07 Sep 2021 16:33 WIB

Khawatir Kena Kista Ovarium? Begini Cara Deteksinya

Ayunda Septiani - detikHealth
Illustration of a female disease - ovarian cysts Kista ovarium. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Kista ovarium menjadi salah satu penyakit yang mengintai wanita dan seringkali dikaitkan dengan kanker ovarium. Padahal, tidak semua kista ovarium ini berpotensi menjadi ganas atau kanker. Bagaimana cara cek kista dari gejalanya?

Ovarium merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita yang terletak di perut bagian bawah di kedua sisi rahim. Wanita juga memiliki dua ovarium yang menghasilkan sel telur serta hormon estrogen dan progesteron.

Terkadang, kantung berisi cairan yang disebut kista ini akan berkembang di salah satu ovarium. Banyak wanita akan mengembangkan setidaknya satu kista selama hidup mereka.

Kista ini biasanya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa ada perawatan khusus. Hal yang membuat kista ovarium akan berbahaya jika pecah, berukuran sangat besar, atau menghalangi suplai darah ke ovarium.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara cek kista ovarium.

Cara cek kista ovarium bisa dideteksi melalui pemeriksaan dokter. Untuk mendeteksi dan mendiagnosis kita ovarium, dokter bisa melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain, seperti:

Ultrasonografi (USG)

Cara cek kista ovarium pertama adalah dengan USG. USG merupakan salah satu langka utama dalam mendiagnosis kista ovarium. Dengan melakukan treatment USG, dokter dapat melihat bentuk, ukuran, letak, dan meninjau apakah kista berisi jaringan padat atau cairan.

Pemeriksaan ini juga bisa dilakukan guna memantau perkembangan kista ovarium dan sebagai petunjuk dokter ketika hendak melakukan pemeriksaan biopsi pada ovarium.

Biopsi

Biopsi menjadi prosedur pengambilan sampel jaringan ovarium yang kemudian diperiksa di laboratorium guna menentukan apakah kista bersifat jinak atau berpotensi menjadi ganas.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dilarikan ke RS, Kista Ovarium Kate Beckinsale Pecah "
[Gambas:Video 20detik]