Jumat, 09 Apr 2021 07:30 WIB

Ciri-ciri Kista Ovarium, Kondisi yang Sempat Diidap Aurel Hermansyah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
penyanyi Ciri-ciri kista ovarium, kondisi yang sempat diidap Aurel Hermansyah. (Foto: noel)
Jakarta -

Sebelum menikah, Aurel Hermansyah sempat melakukan pemeriksaan kesehatan. Dalam pemeriksaan tersebut, dokter menyiratkan Aurel memiliki kista di rahimnya. Bagaimana ciri-ciri kista ovarium?

Setelah menikah dengan Atta Halilintar, Aurel Hermansyah kembali melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengecek kondisi kista yang ada di rahimnya. Dalam video yang diunggah oleh Atta, Aurel tampak sedang berbaring di ranjang rumah sakit dan tengah melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Setelah dicek, kista yang semula ada di rahim Aurel disebut sudah hilang. Kista memang ada yang bisa sembuh sendiri dan tidak memerlukan operasi. Namun ada baiknya jika kaum hawa menjaga diri dengan mengetahui ciri-ciri kista ovarium.

Kista dapat tumbuh di ovarium atau indung telur wanita, berbentuk seperti kantung berisi cairan yang dapat membesar. Hal ini sangat umum terjadi dan kadang tanpa gejala. Namun jika dibiarkan sampai terlalu lama, bisa menjadi hal serius.

Gejala umum kista ovarium adalah nyeri panggul, biasanya wanita akan mengeluhkan rasa sakit di bagian bawah kanan tempat ovarium berada. Jika sakit semakin parah dan berlanjut, disarankan segera untuk mengunjungi dokter.

"Anda mungkin merasakannya saat berolahraga, Anda mungkin merasakannya saat Anda aktif secara seksual, tapi akan terasa sakit di tempat tertentu yang konstan dan tetap ada bahkan setelah siklus haid Anda hilang," ujar spesialis kandungan Taraneh Shirazian, M.D dikutip dari Women's Health.

Berikut ciri-ciri kista ovarium:

1. Sering merasa kenyang atau perut terasa penuh

Kista dapat menyebabkan rasa berat di daerah abdomen. Kadang perasaan ini mirip seperti sedang konstipasi namun hanya terasa di salah satu bagian panggul.

Apabila Anda rutin BAB namun tetap merasakan nyeri ini selama dua atau tiga minggu, penting untuk menemui dokter dan mengecek apakah ada kista ovarium yang bersarang di tubuh Anda.

2. Selalu ingin buang air kecil

Ciri-ciri kista ovarium yang banyak disebutkan oleh wanita yang mengidapnya yakni rasa ingin kencing setiap waktu. Hal ini tentu tidak normal dan perlu penanganan segera dari dokter.

3. Merasa sakit saat berhubungan intim

Beberapa kista bersarang di belakang rahim, di dekat leher rahim. Jika pada saat sedang berhubungan seks dengan pasangan lantas merasakan nyeri di bagian panggul, bisa jadi itu termasuk gejala kista ovarium.

"Jadi Anda mungkin merasa sakit dengan penetrasi yang dalam. Endometrioma (kista ovarium yang berhubungan dengan endometriosis) juga dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks, karena letaknya lebih dekat ke serviks," kata ahli kandungan Chapman-Davis.

4. Sakit di area panggul

Ruang panggul menyempit ketika kista menjadi terlalu besar, tetapi tergantung letak di mana kistanya. Hal ini bisa menyebabkan nyeri di punggung ataupun di kaki. Nyeri di area panggul ini bisa datang dan pergi, tak jarang menyebar ke daerah punggung bawah.

Ciri-ciri kista ovarium lainnya juga haid menjadi tidak teratur dan merasa sangat kenyang hanya dengan makan sangat sedikit.



Simak Video "Perseteruan KD-Aurel-Azriel Jadi Konsumsi Netizen, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)