Rabu, 08 Sep 2021 14:30 WIB

Ini Arti Warna yang Muncul Pada Aplikasi PeduliLindungi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cek PeduliLindungi.id untuk Akses Sertifikat Vaksin 1, Ini Cara Mudahnya! Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: (dok ITDC))
Jakarta -

Pemerintah terus memperbarui aturan-aturan yang berlaku selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini, termasuk untuk syarat perjalanan dan tempat-tempat umum. Salah satu aturan yang mulai diterapkan adalah penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi ini digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan skrining masyarakat, baik yang ingin bepergian maupun mengunjungi tempat publik. Sebelum memasuki tempat umum, masyarakat diminta melakukan scan barcode dengan fitur Safe Entrance melalui aplikasi PeduliLindungi ini.

"Seiring dengan situasi pandemi COVID-19 yang semakin baik, serta implementasi protokol kesehatan dan penggunaan PeduliLindungi yang terus sejalan ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam periode 7 sampai 13 September ini," ujar Menteri Koordinator Bidang Marves yang juga Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (6/9/2021).

Setelah melakukan scan barcode, akan muncul notifikasi dengan warna yang berbeda-beda. Misalnya seperti merah, hijau, oranye, hingga hitam. Sebenarnya apa sih arti warna pada PeduliLindungi ini? Berikut penjelasannya.

Warna hijau

Dikutip dari Covid19.go.id, warna hijau yang muncul pada aplikasi PeduliLindungi ini menandakan bahwa orang tersebut bisa melanjutkan aktivitas di dalam ruang publik.

Warna oranye

Jika muncul warna oranye setelah melakukan scan barcode di aplikasi PeduliLindungi, berarti pengunjung diizinkan masuk ke dalam ruang publik. Namun, tetap dengan menyesuaikan kebijakan dari pengelola tempat.

Warna merah

Warna merah ini artinya pengunjung tersebut belum divaksinasi COVID-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini di aplikasi PeduliLindungi tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum dan dianjurkan untuk segera melakukan vaksinasi.

Warna hitam

Warna hitam ini menjadi kategori baru dalam warna zonasi di aplikasi PeduliLindungi. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan menjelaskan warna ini berlaku bagi mereka yang terpapar COVID-19 atau mereka yang merupakan kontak erat pasien positif COVID-19.

"Akan ditambahkan warna hitam yang teridentifikasi positif COVID-19 atau kontak erat sehingga kita bisa lebih cepat dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran kasus," kata Luhut dalam konferensi pers PPKM Senin (30/8/2021).

Belum kebagian vaksin COVID-19? Vaksin CT Corp menyediakan vaksin Pfizer di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, untuk jadwal penyuntikan 11 September hingga 1 Desember 2021. Info pendaftaran bisa disimak di detik.com/vaksinctcorp.



Simak Video "Kerap Bermasalah, Aduan PeduliLindungi Sampai Ratusan Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)