Rabu, 08 Sep 2021 22:18 WIB

5 Obat Kolesterol Alami, Penangkal Risiko Sakit Jantung

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kadar kolesterol Obat kolesterol (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Sejumlah bahan alami dipercaya dapat digunakan sebagai obat kolesterol. Terutama pada tumbuhan atau tanaman yang memiliki kandungan serat larut.

Perlu diketahui, kolesterol merupakan zat yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh. Namun, apabila kadarnya terlalu tinggi, kolesterol dapat memicu masalah yang serius.

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

Kolesterol baik berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh. Sementara kolesterol jahat bisa menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, apabila kadarnya terlalu tinggi dan tidak dikendalikan.

Maka dari itu, untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, berikut beberapa bahan alami yang dipercayai sebagai obat kolesterol.

1. Makanan tinggi serat larut

Dikutip dari Healthline, American Heart Association mengatakan bahwa serat larut dapat mengurangi kolesterol jahat. Gandum merupakan salah satu makanan yang memiliki serat larut paling tinggi.

Kemudian serat larut juga dapat ditemukan di buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

2. Ekstrak bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat sejak zaman dahulu. Ekstrak bawang putih dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Sebuah studi di Journal of Nutrition menyatakan ekstrak bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat dengan masing-masing sebesar 7 dan 10 persen.

3. Biji rami

Biji rami merupakan salah satu jenis biji-bijian yang mengandung serat larut, lignan, dan lemak omega-3 nabati. Semua komponen ini dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar kolesterol.

Sebuah studi di Nutrition and Metabolism menemukan bahwa minuman dari biji rami dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat masing-masing sebesar 12 dan 15 persen.

Kemudian studi lain di Journal of Nutrition mengatakan bahwa mengonsumsi biji rami halus dapat mengurangi kolesterol jahat sebesar 15 persen dalam 1 bulan.

4. Buah hawthorn

Buah hawthorn telah digunakan sebagai obat sejak ratusan tahun lalu untuk mengatasi masalah jantung, termasuk kolesterol tinggi. Beberapa penelitian pun telah menemukan bahwa buah hawthorn dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kendati demikian, pasien harus berkonsultasi terlebih dahulu apabila ingin mengonsumsi buah ini untuk menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya, buah hawthorn dapat berinteraksi dengan beberapa obat lainnya.

5. Ekstrak beras ragi merah

Terakhir, bahan alami yang dipercaya dapat digunakan sebagai obat kolesterol adalah ekstrak beras ragi merah. Sebuah studi di Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa ekstrak beras ragi merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 22 persen dan kolesterol total sebesar 15 persen dalam 8 minggu.



Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)