Kamis, 09 Sep 2021 09:25 WIB

Fenomena Aneh COVID-19 dengan CT Value 1,8 di Surabaya, Terkait Varian Baru?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tenaga kesehatan melakukan tes swab antigen kepada warga di Gg Bahagia, Kel Gerendeng, Kec Karawaci, Tangerang. Upaya ini sebagai tracing atau pelacakan untuk menekan penyebaran COVID-19. CT value rendah akibat varian baru? (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta -

Pasien di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya disebutkan mengalami fenomena aneh. Dilaporkan salah satu pasien memiliki CT value yang sangat rendah, yakni 1,8.

"Kami menemukan nilai CT value 1,8 pada satu pasien," kata Penanggungjawab RSLI, Laksamana Pertama dr Ahmad Samsulhadi, kepada CNN Indonesia, dikutip Kamis (9/9/2021).

Nilai CT value yang sangat rendah dikhawatirkan merupakan tanda-tanda infeksi Corona mutasi baru. Sejumlah dokter di RSLI pun menindaklanjuti temuan ini.

CT value atau cycle threshold value adalah nilai yang muncul dalam pemeriksaan RT PCR. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menentukan jumlah viral load dan status infeksi virus Corona.

Terkait dengan nilai CT value rendah, pakar biologi molekuler, Ahmad Rusdan Utomo, angka 1,8 memang tidak lazim dan jarang sekali pada pasien COVID-19. Hanya saja menurutnya nilai ini tidak bisa dijadikan tolak ukur seseorang terinfeksi varian jenis tertentu.

"Secara prinsip untuk dikatakan varian baru tentu tidak bisa dilihat dari CT value, karena CT value hanya mengatakan estimasi beban virusnya banyak atau sedikit," katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (9/9/2021).

Secara umum, jika seseorang terinfeksi COVID-19 di tahap awal, nilai CT valuenya memang rendah yang dikaitkan dengan jumlah viral load tinggi. Namun nilai CT value, baik tinggi atau rendah, tidak berkaitan dengan infeksi varian baru.

"Bisa saja dia terinfeksi varian asal Wuhan tapi CT value tinggi. Varian ini tetap harus melihat dari hasil genome sequencingnya untuk melihat ini baru atau tidak," bebernya.



Simak Video "Cara Membaca CT yang Benar untuk Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)