Kamis, 09 Sep 2021 18:01 WIB

WHO Sebut India Sudah Lebih Siap Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
India Mungkin Sudah Memasuki Fase Endemi Setelah Melewati Gelombang Kedua Penularan COVID-19 Ilustrasi COVID-19 di India. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Belajar dari pengalaman gelombang kedua COVID-19, India telah berbenah diri untuk menghadapi lonjakan kasus Corona berikutnya. Dari fasilitas untuk perawatan kritis hingga pasokan oksigen sudah ditingkatkan.

Kepala Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Soumya Swaminathan, menyebut India sudah lebih siap untuk menghadapi gelombang ketiga COVID-19.

"Saya pikir kita jauh lebih siap sekarang di India, tetapi juga di negara lain, untuk mencegah terjadinya gelombang bencana," ucap Swaminathan, dikutip dari CNBC.

Seperti diketahui, bulan Februari hingga Mei 2021 adalah salah satu momen menyedihkan di India. Banyak pasien COVID-19 yang meninggal dunia karena tidak bisa mendapat perawatan medis dan kekurangan oksigen.

Kala itu, pada gelombang kedua COVID-19, angka kasus harian Corona di India mencapai ratusan ribu per hari. Namun, kini penambahan kasusnya hanya sekitar 30.000-40.000 kasus per hari.

"Saya kira persiapan di tingkat sistem kesehatan benar-benar sudah meningkat, terutama berkaitan dengan oksigen dan fasilitas perawatan kritis," jelas Swaminathan.

"Yang dibutuhkan juga adalah meningkatkan jumlah tenaga kesehatan, karena hanya memiliki peralatan dan obat-obatan saja tidak akan cukup. Kami membutuhkan perawatan terlatih, dokter, ahli anestesi, teknisi perawatan kritis, dan lainnya," sambungnya.

Selain itu, tingkat vaksinasi COVID-19 di India juga semakin tinggi. Berdasarkan data resmi, sebanyak 715 juta dosis vaksin telah disuntikkan kepada warga India, 168 juta orang di antaranya telah divaksinasi secara penuh.



Simak Video "Cerita Jurnalis India Menyaksikan Kekacauan Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)