Minggu, 12 Sep 2021 16:03 WIB

Viral Situs Bodong PeduliLindungi, Minta Pendaftar Vaksin COVID-19 Bayar 1 Juta

Vidya Pinandhita - detikHealth
Aplikasi PeduliLindungi di mal Ilustrasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Situs palsu PeduliLindungi viral di Twitter. Mengatasnamakan PeduliLindungi dengan tautan pedulilindungia.com, situs bodong ini menyertakan rekening atas nama Nurmainah. Disebutkan, orang yang ingin mendaftar dan menerima vaksin COVID-19 perlu membayar sebesar 1 juta rupiah.

"Pasokan vaksin COVID-19 sudah diatur, dengan dana sebesar 1000000 rupiah, dan bisa langsung membuat janji untuk sukses dan mengatur inokulasi rumah sakit terdekat dalam waktu sepuluh hari," tertulis dalam tangkapan layar laman bodong tersebut.

Berdasarkan pantauan detikcom pada Minggu (12/9/2021), laman palsu tersebut tidak lagi bisa diakses. Sebelumnya juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut laman tersebut memang palsu dan sudah diblokir oleh Kominfo.

"Seluruh isi dan informasi dalam pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs pedulilindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun," tegas Prof Wiku dalam konferensi pers BNPB, Jumat (10/9/2021).

"Pemerintah meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun," sambungnya.

Ia mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam mengakses laman terkait vaksinasi COVID-19. Laman resmi PeduliLindungi hanya ada pada tautan pedulilindungi.id atau aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di App Store dan Google Play Store.

"Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id, serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store," pungkas Prof Wiku.

Tonton juga Sosok Stanve, Jago Matematika Tingkat Dunia Asal Tangerang

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/fds)