Senin, 13 Sep 2021 15:45 WIB

Sertifikat Vaksin Tidak Keluar di PeduliLindungi? Begini Solusinya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Cara Membuat Akun PeduliLindungi Mudah dan Cepat, Cek di Sini! Foto: Adi Fida Rahman/detikcom
Jakarta -

Tak hanya untuk masuk mal, bukti sudah divaksin melalui check in PeduliLindungi kini diwajibkan untuk sejumlah aktivitas lainnya seperti naik transportasi umum hingga sekolah tatap muka. Namun rupanya, masih banyak yang bertanya, mengapa sertifikat vaksin tidak keluar di PeduliLindungi baik via aplikasi atau website?

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan setiap warga yang sudah menerima vaksin COVID-19, baik dosis 1 atau 2, pasti mendapatkan sertifikat dalam waktu 7-10 hari setelah vaksinasi. Sertifikat tersebut dapat diakses melalui tautan yang dikirim via SMS oleh nomor 1199 atau diunduh melalui situs dan aplikasi PeduliLindungi.

Jika penerima vaksin tak kunjung mendapat SMS dan sertifikat vaksin tak kunjung tersedia di PeduliLindungi, dr Nadia menyarankan untuk langsung menghubungi kontak pada website PeduliLindungi.

"Dikontak websitenya (PeduliLindungi) kalau belum dapat," ujar dr Nadia saat dikonfirmasi detikcom dalam kesempatan sebelumnya.

Sejalan dengan keterangan di laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), setiap warga yang sudah menerima vaksin COVID-19 minimal dosis 1 otomatis mendapatkan sertifikat. Akan tetapi, sertifikat baru muncul dan bisa diakses jika penerima vaksin sudah memiliki akun PeduliLindungi.

Jika penerima vaksin belum mendaftarkan akun PeduliLindungi, maka informasi yang muncul hanya berupa status vaksinasi tanpa sertifikat vaksin. Maka untuk mengakses dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19, pastikan sudah ada akun PeduliLindungi menggunakan nama lengkap, NIK, dan nomor ponsel yang sesuai.

Mengapa sertifikat vaksin tidak keluar di PeduliLindungi? Berikut langkah-langkah membuat akun PeduliLindungi agar sertifikat bisa diakses:

Lewat aplikasi PeduliLindungi:

  • Unduh aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store
  • Isi identitas diri nama lengkap dan masukkan nomor handphone
  • Isi kode OTP untuk verifikasi data. Kode OTP dikirimkan ke nomor HP yang dicantumkan
  • Pengguna akun diarahkan ke kolom Beranda
  • Lengkapi identitas diri dengan menyertakan alamat NIK dan alamat email dalam kolom profil
  • Cek feature sertifikat vaksin
  • Aplikasi akan menampilkan sertifikat vaksin dosis pertama dan dosis kedua
  • Unduh sertifikat vaksin COVID-19 dosis pertama/kedua
  • Sertifikat vaksin COVID-19 online masuk ke dalam gallery/image masing-masing pengguna.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]