Senin, 13 Sep 2021 19:34 WIB

Dokter Ungkap Alasan Corona Bisa Picu Gejala dari Ujung Kepala hingga Kaki

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Bukan hanya di paru-paru atau saluran pernapasan, seseorang yang terkena COVID-19 bisa mengalami gejala di hampir seluruh bagian tubuh. Namun, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal virus Corona umumnya menginfeksi lewat saluran pernapasan.

Menurut juru bicara pemerintah untuk COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, virus SARS-CoV-2 atau virus Corona penyebab COVID-19 dapat menginfeksi reseptor yang ada di dalam tubuh. Reseptor ini terdapat di hampir seluruh organ tubuh.

"Virus SARS-CoV-2 ini bisa masuk ke hampir seluruh organ tubuh kita, karena hampir seluruh organ tubuh kita itu ada reseptornya. Jadi di mana dia menyerang yang paling hebat, dia bisa menghasilkan gejala yang muncul di situ biasanya lebih hebat," kata dr Reisa dalam siaran sehat Kementerian Kesehatan RI, Senin (13/9/2021).

"Mungkin awalnya kita hanya tahu kalau virus ini hanya bisa menyerang paru-paru atau saluran pernapasan, tapi ternyata hampir seluruh organ tubuh kita bisa berpengaruh terhadap virus SARS-CoV-2 ini," jelas dr Reisa.

Maka dari itu, dr Reisa mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, banyak kerugian yang bisa ditimbulkan apabila kita terinfeksi virus Corona.

"Jadi ini yang harus kita antisipasi jangan sampai kita tertular, karena bisa berakibat fatal dari ujung kepala hingga ujung kaki kita," tuturnya.



Simak Video "Wujud CT Scan Toraks 0-14 Hari Saat Terinfeksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/fds)