Senin, 13 Sep 2021 22:46 WIB

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Dijamin Mantul!

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
A young woman looking shocked as she examines her skin Cara menghilangkan bekas jerawat (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Jerawat tak jarang meninggalkan bekas bintik-bintik berwarna gelap. Bekas ini seringkali menjadi mimpi buruk seseorang, terutama bekas jerawat membandel yang sulit hilang.

Pada sebagian orang, bekas jerawat mungkin menjadi kekhawatiran karena bisa menghilangkan warna alami kulit wajah. Produk-produk penghilang bekas jerawat pun banyak dijual di apotik atau toko kosmetik.

Namun, jika kulit tidak cocok menggunakan produk tersebut atau khawatir dengan efek samping penggunaan, cara alami menghilangkan bekas jerawat bisa menjadi solusinya.

Dikutip dari Swirlster, Senin (13/09/2021), berikut cara menghilangkan bekas jerawat:

1. Bubuk kulit jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C dan mengandung asam sitrat. Asam sitrat membantu meringankan bekas luka dan mencerahkan kulit. Bubuk kulit jeruk dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat.

Campurkan bubuk kulit jeruk dan madu dalam jumlah yang sama kemudian oleskan pada area bekas jerawat. Diamkan selama 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah terbukti khasiatnya dalam mengobati segala jenis kondisi kulit. Sebab, minyak kelapa mengandung kombinasi vitamin A dan K bersama dengan antioksidan yang juga dapat mengobati luka bakar dan menjaga kesehatan kulit. Oleskan minyak pada area bekas jerawat dan biarkan semalaman untuk hasil yang lebih baik. Cara ini bisa dilakukan setiap hari.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit dan kecantikan. Lidah buaya mengandung bahan antibakteri yang mencegah infeksi kulit, sekaligus menenangkan kulit tanpa menyebabkan bekas apapun.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya dapat diekstraksi dari tanaman atau langsung oleskan gel lidah buaya pada bekas jerawat dan biarkan semalaman. Lakukan setiap hari agar bekas jerawat cepat hilang.

4. Soda kue atau baking soda

Selain untuk membuat kue, baking soda memiliki manfaat lain, yaitu sebagai exfoliator kulit yang efektif menjaga kulit terhidrasi. Penggunaan baking soda setiap hari dapat membantu menghilangkan pori-pori tersumbat dan bintik hitam.

Buat adonan dari campuran baking soda dan air, kemudian aduk hingga teksturnya seperti pasta. Oleskan pada bekas jerawat dan biarkan mengering. Bilas setelah 10-15 menit.

5. Jus Lemon

Jus lemon diperkaya dengan vitamin C yang membantu menghilangkan bekas jerawat. Peras jus lemon ke dalam mangkuk kecil. Dengan bantuan kapas atau jari, oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

6. Castor oil atau minyak Jarak

Minyak jarak kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak. Cara menghilangkan bekas jerawat, cukup dengan mengoleskan minyak pada bekas jerawat, biarkan semalaman dan bilas dengan air hangat.

7. Kunyit

Selain sebagai bumbu dapur, kunyit memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Caranya, campurkan 1 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh jus lemon. Oleskan campuran tersebut pada bekas jerawat sebagai masker. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)