Selasa, 14 Sep 2021 07:00 WIB

ROUND-UP

Menkes Ungkap Skenario Corona di 2022, Booster Vaksin dan Ancaman Varian Baru

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Menteri Budi Gunadi Sadikin mengungkap dua skenario kasus Corona di 2022. Jika Indonesia menghadapi varian baru, diprediksi total kasus COVID-19 per tahun mencapai 3,9 juta.

Sementara diketahui sejak wabah Corona merebak di Indonesia, ada lebih dari 4 juta kasus Corona. Dalam kondisi tersebut, strategi pengendalian Corona akan diperketat termasuk dalam jumlah testing.

Totalnya ditargetkan mencapai 58 juta tes COVID-19 sepanjang tahun 2022.

Skenario ini akan mempengaruhi dari testing, perawatan dan isolasi. Tapi dari sisi vaksinasi tidak berubah," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI Senin (13/9/2021).

Menkes juga menyiapkan skenario kasus Corona di Indonesia saat memasuki endemi. Total kasus COVID-19 harian rata-rata diprediksi berada di 5 ribu kasus, sementara total akumulatif perhitungan Menkes per tahun ada lebih dari 1 juta kasus Corona sepanjang 2022.

Sementara jumlah testing yang akan dilakukan pada skenario endemi sebanyak 28 juta. Kabar baiknya, tahun depan vaksinasi booster berbayar sudah tersedia untuk masyarakat umum.

Menkes menyebut warga bebas memilih vaksin COVID-19 jenis apapun. "Masyarakat bisa memilih jenis vaksinnya sama seperti beli obat di apotek. Ini akan kita buka pasarnya agar masyarakat bisa membeli booster," ujarnya.

Sementara, ada 91,8 juta orang yang bisa mendapatkan vaksinCOVID-19 gratis, yaitu pesertaBPJS Kesehatan penerima bantuan iuran.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)