Selasa, 14 Sep 2021 05:57 WIB

RI Mulai Waspada! Ini Perbandingan COVID-19 Varian Mu, Lambda, C.1.2

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Corona virus under magnifying glass. Observation made by virologists in the laboratory with microscope.  Red heart shaped coronavirus being mutated through genome modification. 3D rendering. Foto: Getty Images/iStockphoto/Stockcrafter
Jakarta -

Virus corona terus bermutasi menciptakan varian-varian baru. Beberapa varian yang sudah menyebar dan ditemukan kasusnya adalah varian Mu (B1621), varian Lambda (C.37), dan varian C.1.2.

Meski belum ditemukan di Indonesia, ketiga varian ini tetap harus diantisipasi. Berikut gambaran perbedaan tiga varian baru COVID-19 tersebut.

Varian Mu

Varian Mu pertama kali ditemukan di Kolombia pada Januari 2021 lalu. Varian ini disebut punya potensi transmisi yang tinggi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkategorikan virus ini dalam variant of interest (VoI).

Variant of interest merupakan kategori yang diartikan ada indikasi varian memiliki mutasi yang memengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem imunitas.

Saat ini telah menyebar di 49 negara.

Varian Lambda

Varian Lambda (C.37) ditemukan pertama kali di Peru pada Desember 2020. Efek mutasi virus ini meliputi penurunan kemampuan netralisasi serum natural maupun yang diinduksi vaksin serta jenis tertentu antibodi monoklonal.

Sejauh ini, varian Lambda juga masuk kategori variant of interest dan sudah menyebar di 42 negara. Meski demikian, belum ada laporan mengenai tingkat keparahannya.

Varian C.1.2

Varian C.1.2 ditemukan pertama kali di Afrika Selatan pada Mei 2021. Varian ini diduga dapat meningkatkan kemampuan transmisi dan menghindari kerja sistem imun manusia. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Varian ini belum masuk ke kategori varian of concern maupun variant of interest. Meski demikian, varian ini tetap harus diwaspadai karena saat ini sudah ditemukan di 9 negara.



Simak Video "Waspada Serangan Varian Baru Covid-19 B1621 dari Kolombia!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)