Selasa, 14 Sep 2021 15:43 WIB

Verifikasi Vaksin Luar Negeri ke PeduliLindungi, Datanya Aman? Ini Kata Kemenkes

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jakarta -

Kini orang yang divaksinasi COVID-19 di luar negeri tetap bisa mendapatkan kartu vaksin dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Caranya cukup mudah yakni hanya dengan mengisi data diri serta data vaksinasi di vaksinln.dto.kemkes.go.id.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, mengatakan masyarakat tak perlu khawatir tentang keamanan data dalam proses verifikasi kartu vaksin ini. Pasalnya, semua data yang dimasukkan akan segera dihapus ketika datanya sudah terkonfirmasi.

"Yang pasti kita terus menjaga dari sisi sekuritas, bahkan terhadap data-data yang di-upload itu ada NIK dan pasport. Kami tidak akan menyimpan data-data tersebut, ketika di approve itu kita akan hapus datanya," kata Setiaji dalam konferensi pers Kemenkes RI, Selasa (14/9/2021).

"Itu untuk menjamin bahwa data-data yang kredensial tadi setelah kita lakukan verifikasi itu kita hapus, sehingga tidak ada lagi keraguan untuk terhadap kebocoran data," jelas Setiaji.

Setiaji juga mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memperkuat keamanan data tersebut.

"Kemudian yang paling penting bahwa aplikasi seperti PeduliLindungi sistemnya ini ada di Indonesia data center-nya," tuturnya.

(ryh/kna)