Selasa, 14 Sep 2021 14:55 WIB

Penerima Vaksin Luar Negeri Bisa Pakai PeduliLindungi, Semua Merek Terdaftar?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Aplikasi PeduliLindungi untuk check in di fasilitas umum seperti mal dan transportasi umum kini sudah bisa digunakan oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang menerima vaksin COVID-19 di luar negeri, maupun WNA. Jika merek vaksin yang tersedia di setiap negara berbeda, vaksin apa saja yang terdaftar dalam database PeduliLindungi?

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, St, MSi, menyebut terdapat beberapa vaksin yang sudah terdaftar di dalam database PeduliLindungi, baik merek-merek vaksin yang sudah tersedia dan digunakan di RI, maupun yang belum.

"Kami sudah mencoba me-list beberapa vaksin yang ada di luar negeri kurang lebih mirip seperti yang ada di Indonesia. Seperti Sinovac, Sinopharm, kemudian Pfizer, Johnson & Johnson, Moderna, AstraZeneca, dan lain-lain," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/9/2021).

"Nah kalau pun nanti ditemukan ada vaksin lain, kita akan menambah, meng-upgrade database tersebut. Untuk Sputnik juga sudah masuk database," sambung Setiaji.

Ia menambahkan jika kelak ada WNI yang menerima vaksin di luar negeri atau WNA mengalami kendala registrasi atau penggunaan PeduliLindungi, bisa menghubungi hotline vni@dto.kemkes.go.id.

(vyp/kna)