Selasa, 14 Sep 2021 16:02 WIB

COVID-19 Kembali Cetak Rekor, Singapura Mulai Berikan Booster Vaksin

Firdaus Anwar - detikHealth
View of the merlion statue of Merlion Park, and the financial district in downtown Singapore. The merlion is a symbol and mascot of Singapore. Foto: Getty Images/Marcus Lindstrom
Jakarta -

Singapura sempat berencana hidup 'damai' dengan COVID-19 karena sudah memiliki cakupan vaksinasi yang tinggi. Namun, belakangan ini terjadi lonjakan kasus yang akhirnya membuat pemerintah setempat harus kembali berhati-hati.

Kasus COVID-19 di Singapura dilaporkan bahkan mencetak rekor tertinggi sejak puncak gelombang pertamanya di bulan Agustus tahun lalu. Kementerian Kesehatan Singapura melaporkan pada hari Senin (13/9/2021), ada 607 kasus baru COVID-19.

Dikutip dari Nikkei Asia, Singapura pada Selasa (14/9/2021), mulai memberikan dosis ketiga atau booster vaksin COVID-19. Booster vaksin rencananya akan diberikan pada kelompok lansia dan orang dengan masalah imun terlebih dahulu, baru kemudian kelompok dewasa muda.

"Bila dengan menawarkan booster pada orang-orang, termasuk kelompok muda, Singapura dapat melonggarkan pembatasannya lebih cepat terutama sehubungan dengan pembukaan kembali perbatasan Singapura, maka ini mungkin keputusan eksistensial yang terpaksa diambil pemerintah," komentar ahli dari Saw Swee Hock School of Public Health, Teo Yik Ying, seperti dikutip dari Reuters pada Selasa (14/9/2021).

Ada rencana Singapura menggunakan vaksin COVID-19 yang tidak menggunakan platform mRNA sebagai booster.



Simak Video "Epidemiolog Jelaskan soal Heboh Turunnya Efikasi Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)