Rabu, 15 Sep 2021 09:53 WIB

3 Mineral Ini Penting bagi Tubuh, Gimana Cara Dapatnya?

Inkana Izatifiqa R Putri - detikHealth
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tubuh manusia membutuhkan sederet mineral penting termasuk tembaga. Bahkan, beberapa jenis mineral sangat penting sehingga tubuh manusia memerlukannya untuk tetap hidup.

Dari sekian banyak mineral tersebut, ada beberapa di antaranya yang sangat sulit untuk didapatkan yaitu zat besi, kalsium dan juga magnesium. Padahal, zat gizi tersebut dibutuhkan untuk membantu mengaktifkan enzim dan sel-sel hidup dalam tubuh. Melansir laman health.harvard.edu, berikut cara mudah mendapatkan ketiga kandungan mineral tersebut

Zat Besi

Zat besi biasanya dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging merah dan kalkun. Namun, nutrisi ini juga bisa didapatkan dari kedelai yang dimasak, biji labu, roti, dan sereal yang diperkaya zat besi. Mengonsumsi zat besi dapat membantu produksi hemoglobin dan mioglobin dalam tubuh. Selain itu, zat besi sangat penting untuk membuat asam amino, kolagen, neurotransmitter, dan hormon.

Kalsium

Kalsium umumnya banyak terkandung dalam susu dan produk olahan susu seperti, yogurt dan keju. Namun, kalsium juga bisa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, yakni brokoli dan kangkung. Selain baik bagi tulang dan gigi, kalsium juga membantu mengaktifkan enzim di seluruh tubuh, membantu mengatur tekanan darah dan membantu otot untuk berkontraksi.

Magnesium

Bayam dan brokoli merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan magnesium. Namun, magnesium juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi almond, kedelai, dan selai kacang. Tak hanya itu, magnesium dapat ditemukan pada biji-bijian salah satunya bunga matahari dan biji labu. Mengonsumsi nutrisi tersebut dapat membantu memperkuat tulang dan gigi, hingga membantu mengatur tekanan darah dan gula darah.

Nah, itulah berbagai makanan yang menjadi sumber alami magnesium, kalsium, dan zat besi. Agar penyerapan mineral tersebut lebih maksimal, sebaiknya konsumsi makanan atau minuman yang mengandung Fructooligosaccharides (FOS), yaitu serat pangan larut yang paling baik untuk membantu mengikat mineral penting bagi tubuh.

Dikutip dari jurnal Costa, ESPEN, Meta analisis 2020, FOS telah terbukti ilmiah dalam membantu meningkatkan penyerapan berbagai mineral, seperti kalsium, magnesium, hingga fosfor. Adapun konsumsi suplemen FOS dalam makanan dapat menjadi salah satu solusi baik untuk menyerap mineral sehingga berdampak terhadap pengurangan risiko berbagai masalah kesehatan seperti keluhan pada tulang dan penyakit defisiensi lainnya.

PT Abbott Products Indonesia memiliki nutrisi yang mengandung FOS serta ketiga mineral tersebut dan dapat diperoleh dalam susu Ensure. Kandungan FOS dan mineral ini meliputi magnesium, kalsium hingga fosfor disertai zat gizi lengkap dan seimbang seperti triple protein, yakni kombinasi unik whey, kasein, dan soya. Ada juga kandungan omega 3&6, 14 vitamin & 9 mineral, rendah laktosa dan nutrisi zat gizi penting lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ensure juga merupakan nutrisi suplemen oral yang dapat memberikan energi, protein, dan zat gizi lainnya. Selain itu, Ensure juga tersedia dalam dua pilihan rasa yang lezat, yaitu rasa vanila dan cokelat. Minum Ensure 2 kali sehari bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari.



Simak Video "Pengaruh Massa Otot untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)