Kamis, 16 Sep 2021 10:05 WIB

Berapa Usia Otot Kita? Ini Cara Menghitungnya

Angga Laraspati - detikHealth
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pernahkah Anda menghitung usia otot? Ini penting untuk mengetahui massa otot dalam tubuh.

Seiring bertambahnya usia, massa otot akan semakin berkurang. Oleh karena itu, untuk menjaga massa otot, perlu tahu terlebih dahulu berapa usia otot untuk mempersiapkan pencegahan dan menjaganya tetap dalam kondisi baik.

Dilansir dari sebuah jurnal di tahun 2004 yang dibuat Elena Volpi dan koleganya, setelah usia 30 tahun massa otot akan hilang hingga 33%. Massa otot yang menurun dapat mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh.

Sementara itu, dikutip dari medicalnewstoday, massa otot mengacu kepada jumlah jaringan otot yang ada di dalam tubuh. Tentunya fungsi dari otot adalah membantu gerakan, mempertahankan postur, dan mendukung fungsi tubuh.

Adapun kondisi otot yang sehat dan baik pada usia lanjut yaitu ketika Anda tidak merasakan sakit ketika mengangkat beban. Selain itu dapat dilihat pula dari rendahnya persentase lemak di dalam tubuh dan tulang yang lebih padat.

Massa otot yang baik akan mendukung Anda untuk dapat bergerak bebas tanpa merasakan sakit di beberapa bagian sendi. Tentunya untuk menjaga ini semua diperlukan latihan dan mengonsumsi nutrisi yang tepat.

Nah, jika Anda yang ingin mengetahui usia dari otot, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan melakukan metode Sit to Stand (STS). Menurut jurnal Richard W. Bohannon dan kolega di tahun 2010 metode ini melibatkan aktivasi beberapa otot ekstremitas bawah, terutama otot ekstensor lutut.

Untuk mencobanya, Anda bisa mempersiapkan satu buah bangku dengan tinggi sekitar 43 cm. Setelah itu lakukan gerak duduk dan berdiri dengan kedua tangan dan kaki dalam kondisi melipat selama 5 kali secepat mungkin. Bila otot Anda masih dalam kondisi yang prima, maka gerakan ini bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 6,1 detik untuk usia 30-39 tahun, 7,6 usia 40-49 tahun dan 7,7 untuk usia 50-59 tahun.

Tetapi harus diperhatikan, lakukan gerakan ini dengan hati-hati agar tidak mencederai diri dan segera hentikan jika lutut mulai terasa sakit. Anda juga tidak disarankan bersandar agar tidak terjatuh ke belakang dan jangan dilakukan apabila baru sembuh dari cedera atau baru mengalami jatuh.

Untuk memudahkannya Anda juga dapat menghitungnya menggunakan kalkulator usia otot. Ada banyak website yang menyediakannya, salah satunya adalah website dari Abbot yaitu www.ensure.co.id yang menyediakan fitur penghitung usia otot.

Pertama Anda harus memasukan nama dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi. Setelah itu, pada kolom lainnya, Anda akan diminta untuk memasukan usia, jenis kelamin dan juga berapa lama Anda melakukan metode STS. Setelah itu langsung submit dan hasil usia otot Anda akan terlihat secara langsung apakah usianya lebih tua atau masih muda dari usia Anda sekarang.

Ketika sudah mengetahui usia otot Anda, jangan lupa untuk selalu memberikannya nutrisi lengkap dan seimbang agar massa otot tetap terjaga.

Anda bisa memenuhi nutrisi tersebut dengan mengonsumsi nutrisi harian salah satunya seperti susu Ensure yang memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan Triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ensure merupakan nutrisi suplemen oral (ONS) yang merupakan produk atau makanan yang bermanfaat memberikan energi, protein, dan zat gizi lainnya dengan penjualan nomor 1 di dunia yang tersedia dalam 2 pilihan rasa lezat, yakni vanilla dan cokelat. Minum Ensure 2 kali sehari bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari.



Simak Video "Pengaruh Massa Otot untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)