Rabu, 15 Sep 2021 19:01 WIB

Cara Mengobati Gusi Bengkak, Bisa Dicoba di Rumah sebagai Pertolongan Pertama

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi gigi Ilustrasi gigi dan gusi. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Masalah gigi dan gusi jelas tak bisa disepelekan. Terlebih jika didiamkan berlama-lama, nyeri pada gigi dan gusi bisa mengganggu kenyamanan beraktivitas sehari-hari, seperti sakit saat mengunyah. Lantas, bagaimana cara mengobati gusi bengkak? Bisakah mengandalkan bahan-bahan alami ala rumahan?

Profesor Kedokteran Gigi dan Dewan Pusat dan anggota All India Dental Association, Nitin Jain, menyebut salah masalah gusi paling umum yang ia temukan adalah infeksi pada gusi yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini ditandai dengan gusi bengkak, memerah, dan terlihat tidak menempel pada gigi. Seringkali, disertai rasa nyeri dan demam ringan.

"Saya telah menemukan pasien dengan demam ringan yang sudah berlangsung lama yang asal-usulnya masih belum diketahui. Setelah melakukan tes melelahkan untuk mendiagnosisnya, dokter kemudian menemukan bahwa penyebabnya adalah gusi yang infeksi," ujar Prof Jain, dikutip dari Times of India, Rabu (15/9/2021).

Lantas untuk meminimalkan nyeri, bagaimana sih cara mengobati gusi bengkak? Adakah cara rumahan yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama, sebelum bertemu dokter? Berikut cara-caranya:

1. Kumur air garam

Dikutip dari Healthline, berdasarkan studi pada 2016, campuran air dan garam efektif meredakan infeksi pada gusi. Caranya, campurkan 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat. Aduk, kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Cukup dikumur dan dimuntahkan, jangan ditelan.

Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari hingga bengkaknya hilang.

2. Kompres

Mengompres gusi yang bengkak dengan air hangat dipercaya bisa meredakan nyeri akibat gusi bengkak. Caranya, rendam waslap atau handuk bersih ke dalam air hangat, kemudian peras.

Letakkan kain hangat pada area wajah (pipi), bagian luar dari titik gusi yang bengkak. Pegang dan biarkan kain menempel selama sekitar 5 menit.

Jika lebih nyaman menggunakan dingin, kompres dengan air es juga bisa dilakukan untuk meredakan bengkak pada gusi. Caranya, bungkus sekantong es yang telah dihancurkan dengan waslap atau handuk bersih. Letakkan pada pipi, di area luar gusi yang sakit, selama 5 menit.

Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari, dalam waktu dua hari pertama gusi bengkak.

Selanjutnya
Halaman
1 2