Jumat, 17 Sep 2021 10:02 WIB

Benarkah Gigi Berlubang Bisa Bikin Sakit Jantung? Ini Kata Dokter

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Ilustrasi sakit gigi Ilustrasi gigi berlubang. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit yang paling umum. Dikutip dari Mayoclinic, masalah ini bisa dialami orang dalam berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga mereka yang lanjut usia. Tapi tahukah kamu kalau gigi berlubang ternyata bisa memicu penyakit lain seperti sakit jantung?

Kerusakan pada gigi berupa gigi berlubang sering kali tidak disadari, padahal penyebabnya sangat dekat dengan kebiasaan kita sehari-hari. Hal paling sederhana misalnya jarang menyikat gigi.

Dokter spesialis jantung dan pembulu darah dr Vito A. Damay menjelaskan bagaimana gigi berlubang bisa menyebabkan penyakit jantung. Penyebabnya adalah rongga mulut memiliki banyak pembuluh darah yang terhubung dengan jantung.

"Jadi, gigi dan gusi juga terhubung ke jantung melalui pembuluh darah," ujar dr Vito dalam keterangan video yang diterima detikcom Kamis (16/9/2021).

Ketika gigi berlubang, maka kuman akan bersarang dan bisa menyebar ke jantung melalui pembuluh darah.

"Kalau gigi berlubang itu kuman ngumpul di situ. Kuman dari gigi berlubang turun ke jantung melalui pembuluh darah bikin peradangan jantung, kerusakan katup jantung, klepnya bocor, jantung bengkak, bahkan jadi lemah jantung," lanjutnya.

Karenanya, sangat penting untuk membiasakan diri menjaga kebersihan gigi dan mulut. Misalnya, dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari.

"Sikat gigi dua kali sehari, saat sebelum tidur dan pagi setelah sarapan," saran dr Vito.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)