Kamis, 16 Sep 2021 14:45 WIB

7 Bahan Alami yang Ampuh Obati Sakit Gigi di Rumah

Ayunda Septiani - detikHealth
Asian woman toothache, pain, hurt and injured, tooth, teeth and dentistry woman concept Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Dok. iStock)
Jakarta -

Sakit gigi merupakan gangguan yang sangat menyebalkan, terlebih jika terjadi saat malam hari. Nyeri yang ditimbulkan pun bisa membuat seseorang jadi sulit untuk tidur atau mudah terbangun di tengah malam untuk mencari obat sakit gigi. Apa sih obat sakit gigi paling ampuh?

Tidak semua orang bisa langsung pergi berobat ke dokter gigi di malam hari. Untuk itu, ada beberapa cara sementara yang dapat dilakukan demi mengurangi rasa nyeri.

Dikutip dari Medical News Today, berikut obat sakit gigi paling ampuh yang bisa dicoba di rumah:

1. Kompres dingin

Memakai kompres dingin dapat sedikit membantu meredakan nyeri. Caranya bungkus es dengan kain bersih lalu tempelkan di sisi wajah atau rahang yang sakit selama 15 hingga 20 menit.

Kompres dingin ini akan membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga nyeri jadi tidak terlalu terasa.

2. Parasetamol

Obat sakit gigi paling ampuh kedua adalah parasetamol. Obat satu ini merupakan obat analgesik yang paling ringan dan minim efek samping. Selain itu, parasetamol dapat dengan mudah Anda beli di apotik ataupun minimarket.

Parasetamol mampu meredakan nyeri ringan hingga sedang. Anda bisa meminum parasetamol dengan dosis 500 miligram (mg) setiap 6 jam sekali.

3. Obat pereda nyeri

Satu cara sederhana yang bisa langsung dicoba adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri (painkiller) yang dijual bebas, seperti misalnya, ibuprofen. Obat ini bekerja dengan cara menekan peradangan pada area gigi yang sakit.

4. Teh peppermint

Teh peppermint bisa jadi obat sakit gigi karena mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan. Kandungan mentol di dalamnya bisa membantu meredakan nyeri pada area yang sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2