Rabu, 30 Jun 2021 18:01 WIB

5 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh, Buat Darurat Saat Tak Ada Dokter

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Ilustrasi sakit gigi Ilustrasi sakit gigi. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Mengalami sakit gigi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit gigi bisa menyebabkan makan menjadi tidak enak, hingga pipi membengkak dan bau mulut yang tak sedap. Akhirnya, mencari obat sakit gigi yang bisa meredakan nyeri dengan cepat menjadi pilihan.

Di masa pandemi seperti sekarang, sebagian orang mungkin akan takut untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Pengobatan alami pun dipilih untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah 5 obat sakit gigi yang bisa kamu dapatkan tanpa harus pergi ke dokter.

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah obat sakit gigi yang efektif. Air garam secara alami berfungsi sebagai disinfektan yang mampu membersihkan sela-sela gigi dari kotoran.

Air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

Caranya, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres dengan es

Mengompres area yang sakit menggunakan es atau air dingin dipercaya ampuh menghilangkan rasa sakit. Kompres dengan es akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga dapat mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan.

Kamu dapat mencobanya dengan mengompres area yang sakit selama 20 menit dan lakukan setiap satu jam sekali.

3. Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Oleh karena itu, cengkeh dipercaya sebagai obat sakit gigi yang efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Kamu bisa mencampurnya dengan minyak zaitun lalu dioleskan pada daerah yang sakit. Kamu juga bisa menambahkan minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menjadikannya sebagai obat kumur.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji sangat baik untuk dipakai sebagai obat sakit gigi.

Caranya cukup dengan mengunyah daun jambu segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihaluskan ke air mendidih untuk membuat obat kumur.

5. Bawang putih

Bawang putih dikenal karena khasiat ya yang sangat banyak, termasuk sebagai obat sakit gigi. Bawang putih dipercaya mampu membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi serta meredakan sakit gigi.

Kamu cukup menumbuk halus bawang putih lalu mengoleskannya ke area yang sakit. Lebih sederhana lagi, kamu cukup mengunyahnya sebagai obat sakit gigi.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)