Rabu, 16 Jun 2021 05:00 WIB

5 Obat Sakit Gigi yang Ampuh Redakan Nyeri dalam Sehari

Firdaus Anwar - detikHealth
3D illustration of Mandible - Part of Human Skeleton. Obat sakit gigi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sakit gigi merupakan gangguan yang menyebalkan, terutama bila terjadi di malam hari. Nyeri yang ditimbulkan dapat membuat seseorang jadi sulit tidur atau mudah terbangun di tengah malam untuk mencari obat sakit gigi.

Namun, tidak semua orang bisa langsung pergi berobat ke dokter gigi di malam hari. Untuk itu ada beberapa cara sementara yang bisa dilakukan demi mengurangi rasa nyeri.

Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa contoh obat sakit gigi yang bisa dicoba di rumah:

1. Obat pereda nyeri

Satu cara sederhana yang bisa langsung dicoba adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri (painkiller) yang dijual bebas, seperti misalnya ibuprofen. Obat ini bekerja dengan cara menekan peradangan pada area gigi yang sakit.

Jangan lupa untuk selalu membaca dan patuhi aturan pakai obat.

2. Kompres dingin

Memakai kompres dingin bisa sedikit membantu meredakan nyeri. Caranya bungkus es dengan kain bersih lalu tempelkan di sisi wajah atau rahang yang sakit selama 15-20 menit.

Kompres dingin akan membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga nyeri jadi tidak terlalu terasa.

Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the backgroundIlustrasi obat sakit gigi Foto: iStock

3. Kumur air garam

Garam memiliki sifat antibakteri dan bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Berkumur-kumur dengan campuran air garam disebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi di mulut dan membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin tersangkut.

Hal ini diharapkan dapat membuat rasa nyeri sedikit berkurang.

4. Teh peppermint

Teh peppermint bisa jadi obat sakit gigi karena mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan. Kandungan mentol di dalamnya juga bisa membantu meredakan nyeri pada area yang sakit.

5. Bantal ekstra

Cara sederhana seperti tidur dengan bantal ekstra kadang bisa jadi obat sakit gigi yang ampuh. Prinsipnya adalah posisi kepala yang lebih tinggi akan membuat lebih sedikit darah ada di area gigi yang sakit sehingga nyeri pun akan berkurang.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)