Selasa, 21 Sep 2021 10:33 WIB

Lagi Masa Pandemi, Begini Cara agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Erika Dyah - detikHealth
cuci tangan Foto: shutterstock
Jakarta -

Di masa pandemi ini, semua orang dituntut untuk lebih ekstra menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh sebab daya tahan tubuh yang lemah lebih berisiko tertular virus COVID-19 atau penyakit lainnya.

Menjaga daya tahan tubuh tetap sehat bisa dimulai melalui cara-cara sederhana. Salah satunya dengan memulai langkah sehat dalam kebiasaan sehari-hari. Melansir laman Intermountain Healthcare, berikut 6 langkah sehat yang dapat Anda terapkan sehari-hari untuk cegah tubuh dari serangan penyakit.

Rajin Cuci Tangan

Langkah yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar, terlebih anjuran untuk sering mencuci tangan termasuk dalam protokol kesehatan yang selalu digaungkan pemerintah.

Untuk terhindar dari penyakit, Anda disarankan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, bahkan jika tangan tak terlihat atau tak terasa kotor. Mencuci tangan sedikitnya 20 detik dapat bantu mengusir kuman atau virus. Kegiatan yang satu ini juga wajib dilakukan sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi, sebelum menyentuh hidung, mata atau mulut, setelah bersin, dan lainnya.

Jika tak tersedia air mengalir dan sabun, Anda bisa membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.

Hindari Kontak Erat dengan Orang Sakit

Jika keluarga atau orang terdekat sedang sakit, ada baiknya untuk membatasi kontak terlebih dahulu guna menghindari penularan penyakit. Caranya, bisa dengan mengurangi interaksi dan pertemuan secara tatap muka.

Jika masih dalam satu rumah, pertimbangkan alternatif lain untuk mengurangi penularan penyakit, misalnya dengan memisahkan alat makan, ruang istirahat, dan kamar mandi dari orang yang sedang sakit. Juga rutin mendisinfeksi benda di rumah yang sering disentuh.

Tutupi Jika Batuk atau Bersin

Batuk dan bersin bisa menjadi media penularan penyakit karena mengeluarkan kuman dari tubuh ke udara. Untuk itu, pastikan Anda menutupi mulut ketika batuk atau bersin baik baik tisu atau Anda bisa menutupnya dengan siku Anda.

Pastikan segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer untuk menghilangkan kuman yang mungkin menempel di tangan.

Kurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Yang juga penting dilakukan di masa pandemi adalah mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan menyentuh wajah. Diketahui, rata-rata orang menyentuh wajah 3-5 kali dalam satu menit. Padahal, ketika menyentuh wajah dengan kondisi tangan yang kurang bersih ada risiko berbahaya yang mengintai. Sebab, saat menggosok mata atau hidung, kuman bisa jadi menyusup masuk dan bersarang di tenggorokan, paru-paru, atau pun rongga hidung Anda.

Disinfeksi Benda dan Permukaan yang Sering Disentuh

Langkah ini juga penting dilakukan untuk menghindari serangan penyakit, yakni untuk membunuh virus yang menempel di benda atau permukaan.

Anda bisa mulai membersihkan dan mendisinfeksi benda yang dekat dengan keseharian, seperti ponsel, tablet, komputer, meja, saklar lampu, gagang pintu, dan lain-lain. Jika ada seseorang yang sedang sakit di rumah, langkah ini juga mesti lebih banyak dilakukan untuk menghindari penularan yang lebih luas.

Selain membiasakan langkah sehat di atas, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang penting untuk tubuh. Sebab, caranya ini tak hanya akan menghindarkan dari penyakit tapi juga membentuk daya tahan tubuh yang kuat.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral ialah dengan mengonsumsi Ensure. Kandungan multivitamin dan mineral di dalam Ensure bermanfaat baik bagi daya tahan tubuh serta membuat tubuh lebih bugar bila disertai konsumsi makanan bergizi dan olahraga cukup.

Ensure dengan 2 pilihan rasa, yakni vanila dan cokelat tak hanya lezat untuk dikonsumsi. Tapi juga mengandung nutrisi lengkap dan seimbang dengan Triple protein di dalamnya. Triple protein ini bisa Anda dapatkan dari kombinasi unik whey-kasein-soya.

Selain itu, Ensure juga mengandung omega 3 & 6, 14 vitamin & 9 mineral, serta rendah laktosa dan kaya akan nutrisi penting lainnya. Dengan konsumsi Ensure disertai makanan bergizi dan olahraga, Anda dapat menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi dan mencegah diri dari serangan berbagai penyakit.



Simak Video "Pengaruh Massa Otot untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/up)