Selasa, 21 Sep 2021 07:00 WIB

Demam saat Anak Tumbuh Gigi, Mitos atau Fakta? Cek di Sini

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Ilustrasi anak demam dan batuk Demam saat tumbuh gigi, mitos atau fakta? (Foto: iStock)
Jakarta -

Tumbuh gigi adalah salah satu fase yang akan dilewati anak. Kebanyakan orang percaya, kalau saat tumbuh gigi anak menjadi rewel bahkan pasti demam. Mitos atau fakta ya?

Dokter spesialis anak dan konselor laktasi dr Yulia Lukita Dewanti, M Ked(Ped), SpA menjelaskan tumbuh gigi anak pertama kali biasanya dimulai pada usia 6-11 bulan.

Berikut tanda-tanda bayi tumbuh gigi:

  • Bayi mulai susah makan
  • Mengeluarkan banyak liur
  • Intensitas menangis semakin sering
  • Gusi bengkak
  • Teething, yaitu bayi suka menggigit gigit barang atau memasukkan tangan ke mulutnya karena gusinya 'gatal' atau nyeri.

Beberapa anak yang sedang tumbuh gigi mungkin ada yang mengalami badan menjadi panas disertai dengan rewel dan tidak mau makan. Tetapi, tumbuh gigi bukanlah penyebab demam.

Saat sedang tumbuh gigi memang biasanya bisa terjadi sedikit peningkatan suhu tubuh, tapi tidak cukup dapat dikatakan sebagai demam. Gejala tumbuh gigi yang paling banyak adalah iritasi gusi, rewel, dan keluar air liur yang banyak.

Namun jika kondisi anak yang sedang tumbuh gigi mengalami demam bersamaan, penyebabnya adalah infeksi bakteri.

Saat tumbuh gigi, gusi jadi nyeri sehingga menyebabkan anak mengeluarkan banyak air liur. Bersamaan dengan hal itu, anak yang sedang aktif sering memasukkan tangan dan benda ke dalam mulut untuk mencari kenyamanan akibat gusi yang bengkak.

Nah, aktivitas inilah yang kemudian sangat memungkinkan menjadi jalan masuk bakteri ke dalam mulut. Apalagi jika anak menolak untuk menyusu. Hal ini bisa membuatnya dehidrasi dan akhirnya suhu tubuh pun meningkat.

Lalu bagaimana cara meredakan gusi bayi yang bengkak saat tumbuh gigi?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Wabah Demam Tinggi Selimuti India Utara, Puluhan Anak Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)