Kamis, 23 Sep 2021 12:46 WIB

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi, Pertolongan Pertama Sebelum Berobat ke Dokter

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi sakit gigi Ilustrasi sakit gigi. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Sakit gigi jelas tak bisa disepelekan. Selain nyeri dan bengkak yang mengganggu kenyamanan beraktivitas sehari-hari, jika didiamkan, sakit gigi bisa semakin menjadi-jadi. Sebelum berkonsultasi dan berobat ke dokter gigi, adakah cara menyembuhkan sakit gigi yang bisa diupayakan sebagai pertolongan pertama?

Dikutip dari National Health Service (NHS) UK, jika sakit gigi berlangsung selama dua hari, harus segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Terlebih, jika sakit tersebut dibarengi demam, nyeri parah saat mengunyah, gusi berdarah atau memerah, serta bengkak pada pipi.

Namun sebelum berkonsultasi dengan dokter, berikut beberapa cara menyembuhkan sakit gigi yang bisa dicoba untuk meredakan nyeri:

1. Minum obat pereda sakit

Obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter seperti ibuprofen dan parasetamol boleh dikonsumsi untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Namun NHS menekankan jika dalam dua hari nyeri tak kunjung hilang meski sudah sudah minum obat pereda, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mengetahui penyebab nyeri dan penanganan yang tepat.

2. Kumur air garam

Dikutip dari Times of India, air garam adalah disinfektan alami yang dapat membantu melepaskan partikel makanan yang tersangkut di antara gigi. Dipercaya, larutan air dan garam juga dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri pada gusi penyebab bau mulut.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, Aduk, kemudian kumur-kumur dengan larutan ini selama beberapa detik. Jangan ditelan.

3. Gunakan teh celup

Beberapa jenis teh mengandung senyawa tanin. Studi menunjukkan senyawa ini dapat mengurangi nyeri pada gusi dengan membunuh bakteri pada mulut yang bisa menyebabkan iritasi gusi. Misalnya teh hijau, teh kembang sepatu, dan teh hitam dapat digunakan untuk meredakan nyeri gusi.

Caranya, masukkan teh celup ke dalam air matang hangat selama 5 menit, kemudian angkat dan dinginkan sebentar. Selagi masih hangat, oleskan ke area yang nyeri selama 5 menit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]