Jumat, 24 Sep 2021 11:18 WIB

Bukan Vaksin, Ini Pemicu Pendarahan Otak Tukul Menurut RS PON

Vidya Pinandhita - detikHealth
Tukul Arwana saat ditemui di Studio Hitam-Putih Tukul Arwana. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Komedian Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit akibat pendarahan otak. Ia sempat menjalani operasi di RS Pusat Otak Nasional (RS PON), Cawang, Jakarta Timur. Dikabarkan, operasi berjalan lancar selama kurang lebih dua jam.

Dokter memaparkan sederet potensi penyebab pendarahan otak sebagaimana yang dialami Tukul. Mengingat, tingkat kejadian dan kematian akibat stroke disebut meningkat setiap tahun.

"Stroke itu terbagi menjadi 2 secara umum penyumbatan pembuluh darah dan pendarahan pembuluh darah di otak. Persentase (perdarahan) hanya sekitar 20 persen," terang Direktur Utama dari RS PON, dr Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/9/2021).

Apa faktor pemicunya?

Ia memaparkan stroke pada dasarnya dipicu oleh faktor yang bisa dikendalikan atau yang tidak bisa dikendalikan. Faktor tak bisa dikendalikan misalnya usia. Sedangkan faktor yang bisa dikendalikan seperti kebiasaan merokok dan pola hidup tidak sehat.

"Tidak bisa (dikendalikan) misalnya usia. Semakin bertambah usia, semakin besar risiko terkena stroke," beber dr Mursyid.

"Lebih banyak faktor risiko yang bisa kita kendalikan. Yang paling banyak terjadi adalah hipertensi, kemudian gula atau diabetes. Kemudian penyakit jantung, gangguan irama jantung, kolesterol tinggi, merokok, kegemukan, kurang olahraga, pola hidup tidak sehat, dan lain sebagainya," sambungnya.

Ia menegaskan penanganan secara cepat pada pasien stroke amat penting. Selain itu, pemeriksaan atau check up otak secara rutin juga bisa diupayakan mengingat tingkat kejadian stroke meningkat setiap tahunnya.



Simak Video "Masih Muda Kena Stroke, Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)