Jumat, 24 Sep 2021 18:36 WIB

6 Cara Ampuh Tunda Hamil, Peluang Berhasil Hingga 99 Persen

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Disappointed Asian woman sitting bed when see the pregnancy test result. Girl feels worry and not ready to be a mother. Man feeling stress about the future kid holding head. Unprepared sexual problem. Tips menunda hamil (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis)
Jakarta -

Kontrasepsi digunakan untuk mengontrol kehamilan. Saat ini, banyak kontrasepsi yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah kehamilan dengan angka efektivitas yang tinggi.

1. Hindari untuk ejakulasi di dalam

Sebagian pasangan suami istri mungkin merasa enggan memakai alat kontrasepsi karena dirasa tak nyaman. Untuk mereka yang enggan menggunakan alat kontrasepsi, disarankan untuk menghindari ejakulasi di dalam vagina.

2. Menggunakan kondom

Penggunaan kondom saat berhubungan intim dinilai efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan. Menurut CDC, efektivitas dari pemakaian kondom untuk cegah kehamilan terjadi adalah sekitar 80 persen.

Namun, sebelum menggunakan kondom seseorang mesti berdiskusi dengan pasangan. Pasalnya, ada beberapa wanita yang alergi terhadap bahan lateks sehingga bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

3. Mengonsumsi Pil KB

Walaupun tak menjamin, pil KB dianggap mampu untuk cegah kehamilan setelah berhubungan intim. Umumnya pil KB dikonsumsi setelah ataupun sebelum berhubungan, tergantung pada jenisnya.

Untuk pemakaiannya, ada baiknya mengkonsultasikan pada dokter lebih dulu apabila seseorang sedang mengonsumsi obat medis lain.

4. Memakai alat kontrasepsi

Penggunaan kontrasepsi dalam jangka panjang ditujukan untuk mereka yang memang mempunyai keinginan untuk menunda kehamilan ataupun memang sudah tak ingin untuk hamil lagi. Kini juga sudah banyak jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Hmm.. Pil KB Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)