Jumat, 24 Sep 2021 21:20 WIB

Stroke Vs Perdarahan Otak, Sama atau Beda Sih?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Tukul Arwana saat tampil di acara Hitam Putih. Tukul Arwana mengalami perdarahan otak (Foto: Pool/Ismail/detikFoto)
Jakarta -

Komedian Tukul Arwana mengalami perdarahan otak, atau sering juga disebut pendarahan otak. Samakah kondisi ini dengan stroke?

Konsultan neurologi dari RS Pusat Otak Nasional-Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (RSPON-FK Unair) dr Yohanna Kusuma SpS menjelaskan bahwa ada dua jenis stroke yang dikenal yakni stroke penyumbatan dan stroke perdarahan. Keduanya sama-sama terjadi di otak.

"Memang paling banyak itu stroke penyumbatan sekitar 80 persen kalau stroke pendarahan sekitar 20 persen," jelasnya kepada detikcom, Jumat (24/9/2021).

Sesuai namanya, stroke penyumbatan atau ischemic stroke terjadi karena pembuluh darah di otak tersumbat. Sedangkan stroke perdarahan atau hemorrhagic stroke terjadi karena pembuluh darah di otak mengalami pecah.

"Tapi faktor risikonya mirip, jadi ada yang dari darah tinggi kencing manis, merokok, obesitas, minum alkohol yang berlebihan itu juga bisa mengakibatkan stroke," kata dr Yohanna.

Terkait perdarahan di otak pada hemorrhagic stroke, dr Yohanna menjelaskan salah satu faktor risikonya adalah kelemahan pembuluh darah doi otak. Misalnya, pada orang lanjut usia.

"Gampang pecah, tapi bisa juga karena kelainan bawaan dari sana, dari faktor pembuluh darah dia sendiri, bisa genetik, misal aneurisma itu kelainan di pembuluh darah sendiri," terangnya.



Simak Video "Masih Muda Kena Stroke, Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)