Sabtu, 25 Sep 2021 09:45 WIB

Kenali Berbagai Jenis Penyakit Stroke, Salah Satunya Dialami Tukul Arwana

Firdaus Anwar - detikHealth
Tukul Arwana saat ditemui di Studio Hitam-Putih Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Komedian Tukul Arwana dikabarkan dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) karena pendarahan otak. Dokter menjelaskan ini adalah salah satu bentuk penyakit stroke yang bisa terjadi karena berbagai faktor. Ada faktor yang bisa dikendalikan, ada juga yang tidak bisa dikendalikan.

"Tidak bisa (dikendalikan) misalnya usia. Semakin bertambah usia, semakin besar risiko terkena stroke," papar Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional (RS PON), Mursyid Bustami, pada Jumat (24/9/2021).

"Lebih banyak faktor risiko yang bisa kita kendalikan. Yang paling banyak terjadi adalah hipertensi, kemudian gula atau diabetes. Kemudian penyakit jantung, gangguan irama jantung, kolesterol tinggi, merokok, kegemukan, kurang olahraga, pola hidup tidak sehat, dan lain sebagainya," lanjutnya.

Dikutip dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2TM), Kementerian Kesehatan, stroke secara garis besar bisa dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama yang paling sering terjadi adalah stroke iskemik (stroke sumbatan) dan yang lebih jarang stroke hemoragik (stroke pendarahan).

Stroke iskemik dipicu oleh pembuluh darah otak yang tersumbat oleh plak atau bekuan darah. Dampaknya bagian yang terpengaruh jadi tidak mendapat asupan nutrisi dan oksigen sehingga akhirnya mengalami kematian jaringan.

Sementara pada stroke hemoragik ada pembuluh darah otak yang pecah. Ini juga membuat otak jadi kekurangan nutrisi sampai bisa menimbulkan kematian jaringan.

Orang-orang diimbau agar lebih mewaspadai gejala stroke apapun jenisnya. Agar mudah diingat, P2TM membuat slogan "SeGeRa Ke RS" yang merupakan akronim dari:

Se = SEnyum tidak simetris, mencong ke satu sisi
Ge = GErak anggota tubuh melemah tiba-tiba
Ra = bicaRA pelo, tidak dapat berkata-kata lancar
Ke = KEbas atau kesemutan
R = Rabun atau penglihatan kabur tiba-tiba
S = Sakit kepala hebat



Simak Video "Kenali Hubungan Hipertensi dan Pendarahan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)