Senin, 27 Sep 2021 10:09 WIB

Wah Kacau! 5 Ribu Orang Daftar 'Hitam' PeduliLindungi Masih Nekat Jalan-jalan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono menyebut masih banyak kategori hitam PeduliLindungi yang nekat melakukan aktivitas. Kategori hitam adalah mereka yang positif COVID-19 atau kontak erat dengan pasien Corona.

"Hasil scan PeduliLindungi ternyata ada 5.241 pengunjung tidak sehat atau masuk kategori hitam. Ini adalah kasus positif atau kontak erat yang beredar di mana-mana," katanya dalam agenda Rakornas Kemenparekraf, Senin (27/9/2021).

Kategori hitam yang terdeteksi di PeduliLindungi masih banyak ditemukan pada sektor perdagangan di mal dengan 3.876 orang. Sementara di sektor ini yang terjaring dengan kategori merah ada 181.268 orang.

Kemudian untuk sektor pariwisata, daftar kategori hitam paling bantak terdeteksi di restoran dan rumah makan dengan 127 orang, kemudian bioskop 111 pengunjung.

"Ini yang kita harus hati-hati, masih banyak yang berkeliaran dan mencoba untuk masuk. Dengan PeduliLindungi ini kita bisa skrining supaya yang benar-benar masuk adalah yang tidak menularkan," pungkasnya.

(kna/up)