Selasa, 28 Sep 2021 13:11 WIB

Dokter Ungkap Tensi Tukul Arwana 200-an, Ini Tekanan Darah yang Normal

Firdaus Anwar - detikHealth
Tukul Arwana saat ditemui di Studio Hitam-Putih Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Tukul Arwana masih menjalani perawatan usai mengidap pendarahan otak alias stroke. Dokter mengungkap kondisi tekanan darah Tukul sekitar 200 mmHg saat dibawa ke rumah sakit (RS).

"Sebenarnya kondisi pasien kami terima dalam kondisi hipertensi ya. Jadi hipertensi emergency itu terdeteksi di IGD itu sekitar 200-an tensinya," kata dr Arief Rahman Kemal, SpS, dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON).

"Pada saat dilakukan pemeriksaan secara lengkap, akhirnya dari CT scan didapatkan terjadi perdarahan luar sekitar 80cc ya. Kemungkinan besar itu adalah satu respon perdarahan yang spontan karena hipertensi," lanjutnya dalam konferensi pers virtual, Senin (28/9/2021).

Hipertensi atau tekanan darah tinggi diketahui menjadi salah satu penyebab umum stroke pendarahan. Ini terjadi ketika dinding pembuluh darah pecah di bawah tekanan darah yang tinggi sehingga menyebabkan kematian sel otak.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, tekanan darah normal seharusnya sekitar 120 mmHg setiap kali jantung berdetak (sistolik) dan 80 mmHg saat berada dalam kondisi relaks (diastolik). Tekanan darah mulai masuk dalam kategori "normal tinggi" bila berada dalam rentang 130-139 mmHg.

European Society of Cardiology secara lebih rinci membagi hipertensi menjadi tiga tingkatan. Hipertensi tingkat pertama terjadi pada tekanan darah sistolik 140-155 mmHg dan/atau diastolik 90-99 mmHg, tingkat kedua di tekanan sistolik 160-179 mmHg dan/atau diastolik 100-109, terakhir tingkat ketiga di sistolik di atas 180 mmHg dan/atau diastolik di atas 110 mmHg.



Simak Video "Kenali Hubungan Hipertensi dan Pendarahan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)