Rabu, 29 Sep 2021 11:17 WIB

Catat Ya! Ini Larangan dan Anjuran Setelah Menerima Vaksin COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Vaksinasi di Menara Bank Mega Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Ayunda Septiani/Detikhealth)
Jakarta -

Demi menekan laju penularan virus Corona COVID-19, program vaksinasi hingga saat ini masih terus digencarkan. Meski begitu, sebagian orang yang sudah divaksin menimbulkan efek samping yang berbeda-beda. Untuk menghindarinya, kira-kira ada pantangan setelah vaksin COVID-19 nggak ya?

Ada beberapa pantangan makanan dan minuman setelah vaksin COVID-19 yang sebaiknya dihindari. Selain tidak sehat, makanan dan minuman ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh setelah vaksin.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa pantangan setelah vaksin COVID-19.

1. Jangan minum alkohol

Pantangan setelah vaksin COVID-19 yang pertama adalah hindari minum alkohol. Hal ini dikaitkan dengan penyebab dehidrasi yang akan dialami oleh tubuh. Tak hanya dehidrasi, alkohol juga dapat mempengaruhi sistem imunitas dan respon vaksin.

"Kadar alkohol dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan memberikan efek terhadap keefektifan vaksin tetapi jika dalam jumlah banyak sangat mungkin mempengaruhi vaksin," papar kata dr Leong Moh Ying selaku direktur medis dari klinik B&Co.

2. Hindari makan junk food

Yang kedua adalah jangan mengonsumsi junk food. Daripada kamu mengonsumsi makanan olahan, ahli pun menyarankan untuk mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, sayuran, ikan, dan buah.

3. Hindari aktivitas fisik yang berat

Pantangan setelah vaksin yang ketiga adalah dengan tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Tubuh juga membutuhkan waktu untuk bisa pulih dari efek samping vaksin. Hindari kegiatan yang membuat tubuh stres atau merasa tertekan.

4. Jangan berpikir vaksinasi akan membuat kebal

Tidak ada vaksin COVID-19 yang memiliki tingkat keberhasilan 100 persen. Kamu masih sangat memungkinkan untuk terpapar COVID-19 bahkan setelah melakukan vaksinasi. Tetapi, kemungkinan infeksinya akan jauh lebih ringan.

Vaksin COVID-19 yang ada saat ini hanya melindungi dari rawat inap, gejala serius, dan kematian. Meski demikian, tetap untuk mengikuti dan tidak mengabaikan protokol kesehatan ya.

Selain pantangan setelah vaksin COVID-19, ada juga makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum divaksin.

Selanjutnya
Halaman
1 2