10 Obat Sariawan Ampuh Bahan dari Alami, Bebas Efek Samping

ADVERTISEMENT

10 Obat Sariawan Ampuh Bahan dari Alami, Bebas Efek Samping

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Rabu, 29 Sep 2021 15:15 WIB
Sariawan tanda penyakit lain
Obat sariawan ampuh berbahan alami. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Sariawan terjadi karena adanya penumpukan jamur Candida Albicans di lapisan mulut. Meski tidak berbahaya, sariawan di mulut cukup mengganggu karena rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, ada beberapa obat sariawan ampuh yang dapat dicoba.

Dalam istilah medis, sariawan disebut sebagai kandidiasis oral. Sariawan bisa terjadi pada berbagai kalangan usia. Sariawan biasanya muncul ketika daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan asam folat serta adanya infeksi bakteri atau jenis virus tertentu. Dalam beberapa kasus, trauma jaringan lunak mulut juga dapat menyebabkan sariawan.

Nah untuk mengatasinya, berikut 10 obat ampuh sariawan seperti dilansir dari Healthline.

1. Air garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara mudah dan efektif untuk mengatasi sariawan. Pasalnya, garam memiliki sifat antiseptik, pembersih dan menenangkan.

Caranya, larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat. Lalu, berkumurlah dengan larutan tersebut sampai menjangkau ke seluruh mulut.

2. Baking soda

Selain garam, berkumur dengan larutan baking soda juga bisa meringankan sariawan di mulut.

Dalam sebuah penelitian tahun 2009, para peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida Albicans yang melekat pada resin akrilik. Tes ini dimaksud untuk mensimulasikan desinfektan gigi palsu harian.

Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa meskipun bukan bentuk desinfektan yang paling efektif tetapi baking soda bisa jadi alternatif obat sariawan.

Caranya adalah larutkan 1/2 sendok teh ke dalam 1 gelas air hangat. Berkumurlah ke seluruh bagian mulut dan keluarkan.

3. Yogurt

Obat sariawan ampuh lainnya adalah yogurt. Yogurt bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Pasalnya, yogurt mengandung bakteri hidup baik yang dapat membantu mengatasi sariawan dengan cara menyeimbangkan bakteri baik dan jahat di mulut.

Yogurt memiliki tekstur lembut sehingga bisa dikonsumsi meski saat sedang sariawan. Namun, pilihlah yogurt yang tidak memiliki tambahan pemanis karena jamur akan tumbuh subur dengan gula.

4. Lemon

Buah lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu memulihkan luka sariawan yang terjadi di mulut. Selain itu, air lemon disebut memiliki sifat antiseptik dan antijamur yang dapat meredakan sariawan.

Menurut sebuah penelitian kecil tahun 2009, air lemon ditemukan menjadi obat ampuh sariawan oral. Seseorang bisa menambahkan air lemon dengan air hangat dan menjadikannya sebagai obat kumur. Air lemon juga bisa langsung dioleskan ke area sariawan.

5. Kunyit

Kunyit diketahui memeliki kandungan kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi. Menurut penelitian tahun 2010 pada tikus, kurkumin dapat mengobati sariawan oral. Studi ini menemukan kurkumin sebagai anti jamur terhadap spesies albicans dan non albicans candida, terutama ketika dikombinasikan dengan piperin.

Piperin adalah senyawa yang ditemukan dalam lada hitam yang membantu tubuh menyerap kunyit.

6. Madu

Dikutip dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga mampu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan dari sariawan. Karenanya, madu menjadi salah satu obat ampuh sariawan. Madu juga aman diberikan untuk anak-anak di atas usia 1 tahun.

7. Lidah buaya

Lidah buaya disebut dapat mengurangi rasa tidak nyaman di mulut akibat sariawan. Caranya, siapkan daun lidah buaya yang dicuci hingga bersih. Lalu, oleskan daging lidah buaya secukupnya pada sariawan dan tunggu beberapa jam. Ulangi cara ini dua sampai tiga kali.

8. Minyak oregano

Minyak oregano dapat digunakan untuk membumbui makanan, tetapi juga memiliki kemampuan antimikroba dan antijamur. Cara menggunakannya adalah mencampurkan dua tetes minyak oregano dan dioleskan pada area yang luka.

9. Cuka apel

Cuka apel juga disebut sebagai salah satu obat ampuh sariawan. Caranya, gunakan 1 sendok teh cuka sari apel dalam 1 gelas. Kumurkan ke seluruh bagian mulut setidaknya 15 detik dan bilas.

10. Vitamin C

Vitamin C alami seperti yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran adalah obat sariawan ampuh. Vitamin C alami dapat mendorong produksi sel darah putih sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.



Simak Video "Gejala Omicron BN.1 yang Sudah Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT