ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Sep 2021 19:59 WIB

Manfaatkan JKN-KIS, Karyawan Bank Terbantu Biaya Operasi Istri & Anak

Inkana Putri - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Program BPJS Kesehatan memberi kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam mengakses layanan kesehatan. Tak terkecuali bagi Syahruna Indra Saffiri (37), peserta BPJS Kesehatan dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dari Bank Negara Indonesia (BNI).

Pria yang kerap dipanggil Indra ini mengungkapkan dirinya dan keluarganya sangat terbantu dengan adanya BPJS Kesehatan.

"Saya dan keluarga sudah menggunakan BPJS Kesehatan sangat lama dan memang semuanya dijamin, baik itu pemeriksaan biasa maupun tindakan operasi di rumah sakit," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/9/2021).

Berdasar pengalamannya, Indra menilai pelayanan kesehatan yang dirasakan saat menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat baik. Ia menyebut kondisi kesehatannya dan keluarga juga selalu dipantau oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Adapun saat ini Indra telah terdaftar di Dokter Praktik Perorangan (DPP) dr. Bambang Priadi.

"Saya dengan FKTP saya sangat dekat, sampai sekarang saya selalu dipantau dan saya mengikuti anjuran dokter saya di mana saya mulai berhenti merokok dari tahun 2015 dan rutin olahraga," tuturnya.

Lebih lanjut Indra mengatakan program JKN-KIS juga membantu istrinya mendapatkan saat operasi miom di Rumah Sakit Puri Bunda di tahun 2019. Ia mengaku tindakan operasi berjalan lancar tanpa dipungut biaya. Hal serupa juga dirasakan saat anak pertamanya harus menjalani operasi amandel di rumah sakit.

"Setelah dirasa-rasa, saya sangat terbantu sekali apalagi biaya operasi istri dan anak saya benar benar di-cover penuh oleh BPJS Kesehatan, dan ketika saya perhatikan, tidak ada perbedaan antara peserta BPJS maupun yang bukan peserta BPJS dari segi manapun, dari segi pelayanan administrasi, pelayanan kesehatan sampai obat-obatan. Itu yang saya suka," jelasnya.

Hingga kini, Indra mengaku bersyukur terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Pasalnya, seluruh biaya operasi keluarganya dijamin sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.

"Kami sebagai peserta yang membutuhkan BPJS memahami betul dalam mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku hingga melakukan proses operasi di rumah sakit agar dapat terbantu dalam pembiayaan operasi," pungkasnya.



Simak Video "Dirut BPJS Pastikan Pengobatan Penyakit Kawasaki Ditanggung BPJS"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT