Kamis, 30 Sep 2021 13:44 WIB

8 Obat Alami Flu dan Batuk, Mudah Didapat dan Tanpa Efek Samping

Ayunda Septiani - detikHealth
Bisa Cegah COVID-19, Jahe Tertulis dalam Al-Quran sebagai Bahan Minuman Surga Ilustrasi jahe sebagai salah satu obat flu dan batuk alami. Foto: iStock
Jakarta -

Flu adalah penyakit yang cukup menular yang disebabkan oleh virus. Cara penularan penyakit flu tergolong sangat mudah, sehingga diperlukan penanganan dan pengobatan yang tepat untuk menanggulanginya. Untuk itu, apa sih obat flu dan batuk yang manjur?

Ada banyak pilihan obat flu dan batuk yang ampuh biar cepat pulih. Dikutip dari berbagai sumber, ini 8 obat flu dan bantuk yang bisa dicoba.

1. Jahe

Obat flu dan batuk yang pertama adalah dengan jahe. Dikutip dari laman Health Line, irisan jadi mentah yang direbus di air mendidih dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga bisa menangkal perasaan mual yang disertai flu.

2. Bawang putih

Bawang putih disebut memiliki senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba sehingga bisa dijadikan sebagai obat batuk dan flu.

Menambahkan suplemen bawang putih ke dalam makanan bisa mengurangi keparahan gejala flu.

Selain suplemen, bawang putih segar yang dicampurkan ke dalam sup atau makanan juga bisa membantu gejala flu.

3. Vitamin C

Vitamin C sangat berperan penting dalam tubuh dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sama dengan jeruk nipis, lemon hingga jenis jeruk lainnya semuanya mengandung vitamin C.

Menambahkan jus lemon segar ke dalam teh dan madu bisa mengurangi dahak pada saat alami batuk. Meskipun minuman ini mungkin tidak menghilangkan flu sepenuhnya, mereka dapat membantu kamu mendapatkan vitamin C yang dapat meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas dan penyakit lainnya.

4. Air garam

Air garam disebut bisa jadi obat flu dan batuk alami tradisional. Membilas hidung dengan air garam dapat membantu meredakan hidung tersumbat sekaligus menghilangkan partikel virus dan bakteri dari hidung.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1/4 sdt garam dan 1/4 sdt soda kue dalam 250 ml air hangat. Gunakan alat nasal irigation untuk menyemprotkan air ke dalam hidung.

Kamu bisa, tutup satu lubang hidung dengan memberikan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan campuran garam ke lubang hidung lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ada Varian Omicron, Perlukah Vaksin Booster untuk Umum Dipercepat?"
[Gambas:Video 20detik]