Jumat, 01 Okt 2021 07:33 WIB

RI Bebas Zona Merah COVID-19, DKI-Jabar Risiko Rendah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pandemi COVID-19 DKI Jakarta makin hari makin terkendali. Salah satu indikatornya persentase kasus positif COVID-19 sudah berada di angka 0,9 persen. Mayoritas wilayah di Indonesia berada di zona kuning. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Sudah dua pekan berturut-turut Indonesia bebas zona merah COVID-19. Artinya tak ada lagi wilayah yang berada di risiko tinggi penularan Corona.

Kasus COVID-19 di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir memang menunjukkan perbaikan. Per Kamis (30/9/2021), kasus baru COVID-19 berada di angka 1.690, kasus aktif menurun menjadi 36.141 pasien.

Jika dalam periode Mei-Juli mayoritas wilayah di Indonesia berada di zona merah, per Jumat (1/10/2021), hampir seluruh daerah berstatus risiko rendah penularan Corona atau zona kuning.

Bahkan seluruh wilayah di DKI Jakarta dan Jawa Barat masuk ke kategori zona risiko rendah. Hanya satu daerah di pulau Jawa-Bali yang masuk zona oranye atau risiko sedang, yakni Kab Purbalingga, Jawa Tengah.

Sementara itu ada tiga wilayah dengan kategori zona hijau yang tersebar di Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, dan Intan Jaya. Daerah ini berada di Papua dan Papua Barat.

Berikut wilayah di Indonesia yang masuk zona oranye atau risiko sedang penularan COVID-19:

Sumatera Utara

-Kota Medan

Sulawesi Tengah

-Poso

Sulawesi Selatan

-Tana Toraja

Papua

- Puncak

Kepulauan Bangka Belitung

- Bangka Tengah
- Belitung Timur

Kalimantan Utara

- Nunukan
- Bulungan

Jawa Tengah

- Purbalingga

Aceh

- Kota Subulussalam
- Aceh Tenggara

BACA JUGA

Simak video 'Indonesia Perlu Waspada! Varian Mu Sudah Masuk Malaysia':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/naf)