Jumat, 01 Okt 2021 09:06 WIB

Hari Kopi Sedunia, Ini Manfaat Minum Kopi Setiap Hari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copyspace for your text Hari Kopi Sedunia 1 Oktober. (Foto: Getty Images/iStockphoto/karandaev)
Jakarta -

Mari merayakan Hari Kopi Sedunia dengan meneguk secangkir kopi. Setiap 1 Oktober, banyak gerai di seluruh dunia merayakannya dengan memberi promosi khusus di Hari Kopi Sedunia.

Namun terlepas dari perayaannya, konsumsi kopi disebut punya segudang manfaat bagi kesehatan. Tidak sedikit yang memulai hari dengan meminum segelas kopi di pagi hari.

Berkat tingginya tingkat antioksidan dan nutrisi bermanfaat, tampaknya juga cukup sehat. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah dari beberapa penyakit serius.

Berikut manfaat minum kopi yang harus diketahui para penikmatnya di Hari Kopi Sedunia.

1. Meningkatkan energi

Kopi membuat tubuh lebih benergi. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang menyeduh kopi di pagi hari. Kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Setelah minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, sampai tingkat energi.

2. Menurunkan berat badan

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Ini adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan utama, saat ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Untuk beberapa alasan, peminum kopi secara signifikan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi mengamati bahwa orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini. Satu studi menunjukkan pengurangan setinggi 67%.

Menurut ulasan besar dari 18 studi di total 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan 7% penurunan risiko diabetes tipe 2.

Mencegah penyakit otak sampai meningkatkan mood juga manfaat minum kopi. Cek selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]