Jumat, 01 Okt 2021 11:33 WIB

11 Ciri-ciri Penyakit Jantung di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

Salwa Aisyah Sheillanabila - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Ciri-ciri penyakit jantung yang perlu diwaspadai. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Ada 11 ciri-ciri penyakit jantung di usia muda yang dapat menjadi tanda bahaya. Dikutip dari British Heart Foundation, berikut 11 ciri-ciri penyakit jantung yang harus diwaspadai!

11 ciri-ciri penyakit jantung di usia muda

1. Nyeri dada

Sebagian besar penyakit jantung ditandai dengan nyeri dada. Salah satunya adalah nyeri dada angina pektoris. Ciri dari nyeri dada ini disebabkan aktivitas fisik dan nyerinya mereda dengan beristirahat. Nyeri terasa menjalar ke rahang, bahu atau lengan. Selain itu, nyeri dada biasanya digambarkan terasa berat, sesak, atau tekanan di dada.

2. Merasa mual

Merasa mual memang bukan berarti mengalami penyakit jantung, tetapi mual yang disertai rasa sakit patut diwaspadai sebagai ciri-ciri penyakit jantung. Jika mengalami nyeri dada yang hebat, bahkan saat hanya duduk-duduk tanpa melakukan apa-apa maka harus segera periksakan ke dokter.

3. Sakit perut atau gangguan pencernaan

Mengalami gangguan pencernaan atau sensasi terbakar di dada atau perut bisa menjadi ciri dari penyakit jantung atau masalah jantung terkait.

4. Berkeringat

Tentunya berkeringat karena selesai berolahraga atau kepanasan bukan menjadi gejala penyakit jantung, tetapi berkeringat yang disebabkan sensasi panas dan lembap disertai nyeri dada bisa menjadi ciri penyakit jantung.

5. Sakit kaki

Jika merasakan sensasi kram dan mencekam di betis saat berjalan, mungkin ada baiknya menemui dokter karena itu bisa menjadi penanda PAD (penyakit arteri perifer).

6. Sakit lengan

Ciri-ciri penyakit jantung di usia muda berikutnya adalah sakit di lengan, terutama lengan kiri atau sakit yang menjalar ke leher bisa jadi ada hubungannya dengan jantung. Jika nyeri tak kunjung hilang ada baiknya segera periksakan ke dokter.

7. Rasa sakit di rahang

Gejala penyakit jantung salah satunya asa sakit yang terasa di rahang, atau punggung.

8. Sensasi tersedak

Ciri penyakit jantung ini ditandai dengan sensasi tersedak yang terus berlanjut. Terkadang, rasa sesak atau sakit bisa sampai ke tenggorokan.

9. Pergelangan kaki bengkak

Pergelangan kaki yang bengkak, meski sangat umum dan dialami banyak orang, tetapi bisa menjadi penanda gagal jantung. Ada baiknya memeriksakan diri ke dokter jika megalami pergelangan kaki bengkak.

10. Kelelahan ekstrim

Merasa lelah sepanjang waktu bisa menjadi gejala gagal jantung, serta kondisi lainnya. Pada banyak kasus penyakit jantung yang ditemui pengidapnya merasa lelah sepanjang waktu.

11. Detak jantung tidak teratur

Detak jantuk tidak teratur yang menjadi ciri penyakit jantung, yaitu saat jantung berdetak sangat cepat dan merasakan sensasi melompat-lompat tak menentu.

Jika mengalami gejala-gejala di atas disarankan untuk segera menghubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan.

Setelah ciri-ciri penyakit jantung di usia muda, berikutnya adalah faktor risiko.

Selain ciri-ciri penyakit jantung di usia muda, patut diketahui gangguan kardiovaskular merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Angka ini mencapai 18,7 juta kematian per tahun.

Sementara di Indonesia, dikutip dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menemukan bahwa setidaknya 15 dari 1000 orang di Indonesia mengidap penyakit jantung atau kardiovaskular.

Terlebih, dikutip Hackensack Meridian Health, Jumat (1/10/2021) penelitian pada konferensi American College of Cardiology 2019, menemukan terjadinya peningkatan insiden serangan jantung pada orang dewasa muda.

Salah satu penyebab risiko penyakit jantung di usia muda adalah keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung. Selain itu, berikut di bawah ini penyebab risiko utama penyakit jantung pada usia muda,

  • Penyalahgunaan narkoba atau konsumsi alkohol berlebihan
  • Merokok
  • Tekanan darah tinggi
  • Kadar kolesterol tinggi
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Diabetes
  • Diet yang buruk

Jika kamu mengalami salah satu dari 11 ciri-ciri penyakit jantung di usia muda yang patut diwaspadai atau memiliki faktor risikonya, segera hubungi dokter ya. Semoga sehat selalu.



Simak Video "KuTips: 5 Tips Biar Kamu Nggak Hipertensi "
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)