Jumat, 01 Okt 2021 14:02 WIB

RI Izinkan Konser hingga Resepsi Besar saat Kasus Turun, Ini Kata WHO

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rear view of excited crowd enjoying a DJ performance at a festival. There are many raised hands, some of the holding cell phones and taping the show.
People in foreground are released. Ilustrasi konser musik. (Foto: iStock)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti rencana pemerintah Indonesia untuk mengizinkan kembali penyelenggaraan acara berskala besar, seperti konser musik, resepsi pernikahan, dan festival olahraga. Ditegaskan, penyelenggaraan acara tersebut harus memperhatikan tingkat penularan virus Corona di suatu daerah.

"Keputusan pemberian izin penyelenggaraan acara tersebut akan mempertimbangkan situasi epidemiologis COVID-19 di daerah tersebut," tulis WHO dalam laporan mingguannya, seperti dikutip detikcom pada Jumat (1/10/2021).

"Perencanaan, persiapan, dan penilaian risiko yang tepat harus dipastikan oleh penyelenggara," tegasnya.

Selain itu, WHO juga mengatakan tindakan pengendalian COVID-19 kepada masyarakat harus dilakukan pada saat sebelum, selama dan setelah acara diselenggarakan.

Sebelumnya, epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), Pandu Riono, mengatakan apabila perkembangan COVID-19 di suatu daerah sudah cukup terkontrol, acara berskala besar dapat dilakukan namun tetap harus diikuti dengan persyaratan yang ketat.

"Kalau levelnya sudah sesuai, boleh diizinkan, tapi dengan persyaratan," papar Pandu, kepada detikcom, Senin (27/9/2021).

"Kemarin sudah ada konser Jazz Bromo, itu izinkan karena sudah level 2, dan prokes 3M ketat, kemudian ada tes antigen pada semua pemain dan pengunjung, dan sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi, jadi mereka yang menghadiri konser itu orang yang sudah divaksinasi," tuturnya.



Simak Video "Eropa Diamuk Covid-19, WHO Perkirakan 2,2 Juta Nyawa Melayang"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)