Senin, 04 Okt 2021 15:28 WIB

PPKM Lanjut: Gym Buka, Pengunjung Boleh Makan di Bioskop

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan menyebut perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia terus membaik. Baik dari kasus harian COVID-19, tren penambahan kematian, hingga angka positivity rate di bawah 5 persen.

Ekonomi juga sudah kembali pulih, dan kondisi di provinsi Jawa Timur hingga DKI Jakarta sudah mendekati kondisi pra pandemi. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) leveling disebut Luhut berlanjut hingga dua minggu ke depan. Hanya ada satu provinsi yang turun ke Level 1 yaitu Blitar, menjalani hidup 'new normal' berdampingan dengan COVID-19.

Sementara wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih di Level 3, karena belum mencapai target vaksinasi. Maka dari itu, pemerintah disebut akan membentuk gugus tugas yang difokuskan untuk meningkatkan vaksinasi.

Adapun aktivitas menonton di bioskop saat ini diperlonggar, diperbolehkan makan di dalam ruangan. Fasilitas gym juga diizinkan kembali beroperasi dengan syarat protokol kesehatan ketat.

"Pembukaan fasilitas fitness kapasitas 25 persen dengan protokol kesehatan ketat skrining PeduliLindungi, konter makanan diperbolehkan buka, namun kapasitas bioskop tetap berlaku 50 persen," sebutnya.

Jika ada perkembangan lebih baik dalam sepekan ke depan, Luhut menyebut pemerintah akan menilai sektor mana saja yang bisa memulai kembali beroperasi. Ia juga mengingatkan untuk tidak euforia. Hal ini demi menjaga keberhasilan penurunan tren kasus COVID-19, dan menekan atau penularan virus serendah mungkin.

Luhut mengaku kapasitas testing masih belum mencapai target 400 ribu, tetapi kisaran target testing akan dibahas lebih lanjut dalam strategi pengendalian COVID-19 di Indonesia.

(naf/kna)