Selasa, 05 Okt 2021 08:03 WIB

Blitar Uji Coba 'New Normal', Ini Aturan yang Berlaku di Wilayah PPKM Level 1

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sejumlah daerah mulai mengalami penurunan kasus COVID-19, salah satunya Blitar. Hal ini membuat daerah tersebut akan melakukan uji coba new normal, dan jika berhasil akan diterapkan di daerah lainnya.

"Pemerintah akan melakukan uji coba PPKM level 1 'new normal' di Blitar. Implementasi uji coba PPKM level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi 1 70 persen dan dosis 1 lansia 60 persen," katanya dalam siaran pers PPKM, Senin (4/10/2021).

"Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke kota-kota yg masuk di level 1," lanjutnya.

Luhut juga menegaskan pelaksanaan penerapan new normal di wilayah PPKM level 1 ini mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal. Namun, kegiatan ini akan terus dipantau oleh sejumlah ahli.

Dikutip dari Instruksi Mendagri Nomor 47 Tahun 2021, berikut sejumlah aturan yang diterapkan di wilayah PPKM level 1:

- Pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka terbatas, dengan kapasitas maksimal 50 persen.

- Pelaksanaan kegiatan di sektor non esensial diberlakukan 75 persen Work From Office (WFO) untuk pegawai yang sudah divaksinasi. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

- Pengunjung di supermarket, pasar tradisional, dan pasar swalayan dibatasi hanya 75 persen dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

- Apotek dan toko obat mulai bisa buka selama 24 jam.

- Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya diizinkan buka sampai pukul 22.00 dengan protokol kesehatan yang ketat. Kapasitas pengunjung yang dine-in maksimal 75 persen dengan kapasitas waktu makan maksimal 60 menit.

- Restoran yang berada di dalam mal diizinkan buka hingga pukul 22.00 dengan protokol kesehatan yang ketat. Kapasitas pengunjung yang dine-in maksimal 75 persen dengan kapasitas waktu makan maksimal 60 menit dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

- Restoran dan kafe diizinkan beroperasi mulai pukul 18.00 hingga pukul 00.00, dengan kapasitas dine-in maksimal 75 persen dan waktu makan 60 menit. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

- Pusat perbelanjaan atau mal diizinkan buka dengan kapasitas 75 persen hingga pukul 22.00. Anak usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk dengan syarat didampingi orang tua. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

- Pelaksanaan resepsi pernikahan dapat diadakan dengan maksimal 50 persen.

- Transportasi umum, baik konvensional maupun online, diperbolehkan dengan kapasitas maksimal 100 persen.

(sao/up)