Selasa, 05 Okt 2021 12:47 WIB

7 Obat Kolesterol Rumahan, Bikin Sendiri Tanpa Ribet

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
5 Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Pola Makan Obat kolesterol alami yang bisa dicoba di rumah. (Foto: iStock)
Jakarta -

Berikut 7 obat kolesterol alami yang bisa kamu coba di rumah. Sejumlah bahan alami dipercaya dapat mengontrol kadar kolesterol.

Namun, sebelumnya perlu diketahui bahwa kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Kolesterol yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

7 obat kolesterol rumahan yang bisa dibikin sendiri tanpa ribet

1. Bawang putih

Sejak zaman dahulu, bawang putih sudah dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Asam amino, vitamin, mineral, dan senyawa organosulfur, seperti allicin, ajoene, s-allycysteine, s-ethylysteine, dan diallysulfidue, terkandung di dalam bawang putih.

Sejumlah penelitian menunjukkan bawang putih efektif dalam menurunkan kolesterol total dan LDL secara signifikan. Kemudian, bawang putih juga dapat meningkatkan kadar HDL.

Mengonsumsi 1/2 atau 1 siung bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 9 persen.

2. Teh hijau

Obat kolesterol selanjutnya adalah teh hijau. Minuman ini dikenal sebagai sumber polifenol.

Polifenol merupakan senyawa alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di dalam tubuh, senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko berbagai penyakit.

Sebuah studi menunjukkan pria yang minum teh hijau memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Kemudian penelitian juga menunjukkan polifenol pada teh hijau dapat memblokir penyerapan kolesterol di usus dan membantu menyingkirkannya.

Rutin mengonsumsi 2-3 cangkir teh hijau dalam sehari dapat membantu kamu dalam mengontrol kadar kolesterol.

3. Biji ketumbar

Salah satu manfaat dari biji ketumbar adalah menurunkan kolesterol jahat. Biji ketumbar memiliki banyak vitamin, seperti asam folat, vitamin A dan betakaroten, dan yang paling penting, vitamin C.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa membuat rendaman biji ketumbar. Caranya, rendam biji ketumbar ke dalam air semalaman. Keesokan hari air rendaman tersebut disaring dan kemudian diminum.

Kemudian ada psyllium, biji fenugreek, dan buah amla yang bisa dijadikan sebagai obat kolesterol alami.

4. Psyllium

Psyllium merupakan serat yang berasal dari biji tanaman plantago ovata. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sendiri telah menyetujui klaim 3-12 gram psyllium untuk diet rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Ada banyak penelitian yang membuktikan psyllium dapat dijadikan sebagai obat kolesterol dengan menurunkan kolesterol jahat. Menambahkan 1-2 sendok teh psyllium ke dalam asupan makanan kita dapat bermanfaat untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.

5. Biji fenugreek

Sejak zaman dahulu, biji fenugreek telah digunakan sebagai bahan penyedap dan tanaman obat. Biji ini kaya akan vitamin E dan memiliki sifat antidiabetes, anti-inflamasi, dan antioksidan.

Saponin yang ditemukan dalam biji fenugreek dapat membantu mengurangi produksi kolesterol di tubuh.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara melarutkan 1/2 sampai 1 sendok teh bubuk biji fenugreek ke dalam segelas air, atau menaburkannya ke dalam masakan.

6. Amla

Buah amla memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, serta mineral dan asam amino. Maka dari itu, buah ini dapat dikonsumsi sebagai obat kolesterol.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Indian journal of Pharmacology menunjukkan mengonsumsi buah amla secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu, buah amla juga dapat mengurangi kerusakan akibat oksidasi. Kamu bisa mengonsumsi 1-2 buah amla setiap harinya sebagai obat kolesterol.

7. Jahe

Obat kolesterol yang ketujuh adalah dengan jahe. Jahe dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya sebagai obat kolesterol, cukup minum wedang jahe tanpa gula secara rutin.



Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)