Jadi Perdebatan, Ini Plus Minus Nggak Pakai BH Bagi Kesehatan

ADVERTISEMENT

Jadi Perdebatan, Ini Plus Minus Nggak Pakai BH Bagi Kesehatan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selasa, 05 Okt 2021 14:41 WIB
ilustrasi bra
Plus minus tidak pakai BH (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Masih ada banyak perdebatan tentang risiko kesehatan jika tidak pakai BH atau bra. Tidak sedikit yang mengaitkan pemakaian bra dengan kanker payudara, namun dipastikan bukan itu alasannya.

Makin banyak wanita juga yang merasa lebih 'nyaman' tidak menggunakan bra di waktu-waktu tertentu. Bahkan ada 'Hari Tanpa Bra' sedunia.

Dari segi kesehatan, tampaknya tidak ada bedanya apakah kamu memutuskan memakai bra atau tidak.

"Belum ada bukti tidak pakai BH membahayakan kesehatanmu," kata praktisi kesehatan Patricia Geraghty kepada Healthline.

Banyak juga mitos mengenai bra yang disebut bisa menghambat pertumbuhan payudara dan menyebabkab kanker payudara jika dipakai saat tidur, namun dipastikan hal tersebut hoaks.

Berikut plus minus nggak pakai BH dikutip detikcom dari berbagai sumber:

Plusnya:

  • Penelitian yang dilakukan selama 15 tahun oleh Jean-Denis Rouillon tentang efek bra pada payudara menunjukkan bahwa pemakai bra memiliki payudara yang kendor daripada mereka yang jarang mengenakannya.
  • Studi tentang efek bra pada kelenturan payudara juga menunjukkan bahwa mengenakan bra sebenarnya bisa membuat payudara melorot. Jadi, jarang pakai bra diyakini bisa bikin payudara lebih kencang.
  • Mengurangi iritasi kulit. Kemerahan, gatal, dan keringat bisa numpuk di area payudara jika memakai BH terlalu lama, apalagi jika ukurannya tidak pas. Tidak mengenakannya dalam beberapa waktu bisa mengurangi risiko ini.
  • Tidak memakai bra sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan selama periode waktu tertentu dengan menormalkan sirkulasi darah, terlebih jika BH yang kamu pakai tergolong ketat dan ukurannya salah.

Apa saja minusnya tidak pakai BH? Simak di halaman berikut.



Simak Video "Penggunaan Bra Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT