ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Okt 2021 18:30 WIB

Susah Hamil? Soal Ketidaksuburan, dr Boyke Ungkap Penyebab Tak Terduga

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Dokter Boyke Dokter Boyke. (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Penyakit asma merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan bernapas akibat adanya penyempitan atau pembengkakan di saluran pernapasan. Ternyata, asma bisa memengaruhi kesuburan.

Dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (6/10/2021), asma adalah suatu kondisi di mana saluran udara atau pernapasan menyempit dan membengkak sehingga bisa menghasilkan lendir. Hal ini menyebabkan kesulitan bernapas dan batuk. Selain itu, seseorang yang mengalami asma akan mengeluarkan suara 'ngik' saat menarik napas dan sesak napas.

Asma dapat disebabkan berbagai hal, seperti memiliki alergi debu, bulu hewan peliharaan, infeksi saluran pernapasan akibat flu, dan sebagainya. Selain itu, orang dengan risiko tinggi mengidap asma, di antaranya memiliki anggota keluarga dengan riwayat asma, obesitas, perokok aktif atau pasif dan lain-lain.

Ternyata, penyakit asma dapat memengaruhi kesuburan seseorang. Pakar seks dr Boyke Dian Nugraha, dalam program Klinik Tendean, Jumat (27/9/2021) menjelaskan bagaimana asma bisa memengaruhi kesuburan.

"Jadi kalau pada orang asma kan memang pasokan oksigen yang masuknya kurang ya, sementara kalau untuk organ-organ kesuburan butuh nutrisi dan oksigen yang cukup untuk bisa masuk sampai tempat pabriknya. Oleh karena itu, ya akan berpengaruh [pada kesuburan]," ungkap dr Boyke.

Selanjutnya, terkait pengaruh vaksin COVID-19 terhadap kesuburan, dr Boyke dengan tegas membantah hal tersebut. Menurutnya, vaksin COVID-19 hanya berpengaruh pada virusnya dan tidak memengaruhi kesuburan seseorang.

"Vaksin itu gapapa, kan betul-betul memengaruhinya pada virus, bukan kesuburan," tegasnya.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(Salwa Aisyah Sheilanabilla/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT