Jumat, 08 Okt 2021 06:32 WIB

Satgas Temukan 34 Kasus Positif COVID-19 di PON XX Papua, Semua Tanpa Gejala

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Pembukaan dimeriahkan oleh pesta kembang api dan tarian Papua. Foto: Antara Foto
Jakarta -

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua mendapat perhatian dari Satgas COVID-19. Sejumlah temuan kasus di ajang tersebut mendapat penanganan serius.

"Hingga saat ini terdapat 34 kasus positif COVID-19 dalam penyelenggaraan PON XX," kata juru bicara satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam keterangan pers, Kamis (7/10/2021).

"Mereka yang positif COVID-19 seluruhnya tanpa gejala dan diharapkan dapat segera pulih," lanjutnya.

Prof Wiku menyebut, terdapat 58 fasilitas isolasi terpusat di Provinsi Papua dengan keterisian 11 persen. Data 5 Oktober 2021 menunjukkan masih ada 2.027 tempat tidur yang tersedia.

"Seluruh partisipan PON wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat saat tiba di daerah asal, mellaui karantina dan tes ulang sebagai upaya untuk memastikan kesehatan kontingen pasca PON XX," jelas Prof Wiku.

Selain memperketat monitoring dan evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan, satgas juga meningkatkan whole genome sequencing untuk mengidentifikasi varian COVID-19 dalam berbagai temuan kasus.



Simak Video "Belajar dari Kasus Covid PON untuk Penyelangaraan Event Besar Berikutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)