Sabtu, 09 Okt 2021 15:22 WIB

Awas Keseleo Bisa Makin Parah Bila Diurut! Ini Penjelasan Dokter

Syifa Aulia - detikHealth
Ilustrasi kaki Ilustrasi kaki keseleo. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Terkilir atau keseleo biasa terjadi saat melakukan aktivitas berat seperti olahraga, mengangkat benda berat, atau terjatuh. Bila hal ini terjadi, apa yang biasanya kamu lakukan?

Pada sebagian orang, mengobati cedera akibat terkilir masih menggunakan cara tradisional dengan diurut. Namun, perlu diketahui mengurut bagian tubuh yang terkilir bisa menyebabkan cedera semakin parah.

Dokter spesialis bedah ortopedi konsultan hip & knee, dr Sunaryo Kusumo, MKes, SpOT(K), dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, mengatakan area yang terkilir sebetulnya tidak boleh melakukan gerakan berat, seperti saat diurut.

"Kalau sudah nyeri dilakukan gerakan yang berat maka sakitnya akan bertambah berat atau kerusakannya akan bertambah berat. Kalau ada keseleo lalu diurut, maka kerusakannya itu akan semakin besar," jelas dr Sunaryo dalam webinar, pada Sabtu (9/10/2021).

Meski setelah diurut bisa mengurangi rasa sakit, ia mengatakan hal itu hanya terjadi dalam waktu sementara. Sebab tubuh akan mengeluarkan refleks dengan menghasilkan zat antinyeri.

"Tubuh akan mengeluarkan zat antinyeri paling kuat yang golongannya seperti morfin, disebut sebagai endorfin. Sehingga pada saat nyeri cedera kemudian diurut, maka endorfin muncul menghilangkan semua nyeri," tambahnya.



Simak Video "Tes WGS Diwajibkan bagi Pelancong dari Wilayah Terpapar Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)